Soloraya
Senin, 11 April 2016 - 20:40 WIB

PEMBANGUNAN PASAR KLEWER : Dana Masih Kurang Rp6 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Aktivitas pekerja menyelesaikan pembangunan tahap I Pasar Klewer di Jl. dr. Radjiman, Solo, Sabtu (21/11/2015). (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Pembangunan Pasar Klewer ternyata masih kurang Rp6 miliar.

Solopos.com, SOLO–Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) mengajukan permohonan bantuan anggaran Rp6 miliar untuk tambahan proyek pembangunan Pasar Klewer. Permohonan bantuan anggaran itu diajukan ke Pemerintah Pusat.

Advertisement

Kepala DPP Subagiyo mengatakan masih memperkirakan butuh tambahan anggaran Rp6 miliar, guna menuntaskan pembangunan Pasar Klewer tahap kedua. Anggaran dibutuhkan melengkapi bangunan pasar dengan fasilitas pendukung.

“Kami akan menambah fasilitas penunjang operasional Pasar Klewer. Dan ternyata setelah kami hitung, anggaranya masih kurang Rp6 miliar,” kata Subagiyo ketika dijumpai wartawan di Kelurahan Mojosongo, Senin (11/4/2016).

Subagiyo akan menambah sejumlah fasilitas, diantaranya lift, hidran, genset, grown tank dan travelator. Saat ini, Subagiyo mengatakan akan mengirimkan permohonan tambahan anggaran tersebut kepada pemerintah pusat.
“Mudah-mudahan disetujui di APBN Perubahan tahun ini. Kami ajukan ke Pusat karena anggaran pembangunan semuanya berasal dari Pemerintah Pusat,” katanya.

Advertisement

Sesuai rencana, Subagiyo mengatakan Pasar Klewer sisi barat dilengkapi travelator enam unit. Selain itu lima lift untuk memberikan fasilitas bagi pedagang maupun pembeli pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah. “Proyek tahap lanjutan Pasar Klewer akan segera dimulai. Hasil lelang siap diumumkan dalam waktu dekat,” kata dia.

Subagiyo memperkirakan pembangunan Pasar Klewer sisi barat akan dimulai kembali pada akhir bulan ini. Kemudian diharapkan selesai akhir Desember.

Berdasarkan rancangan yang disusun DPP, Pasar Klewer nantinya bakal memiliki 1.532 kios. Bangunan pasar barat nantinya akan terintegrasi dengan bangunan Pasar Klewer sisi timur. Bangunan pasar timur dan barat akan dibuat jalur khusus sebagai penghubung kedua bangunan pasar tersebut.
“Jadi nanti bangunan sisi timur hanya dibangun dua lantai ke bawah. Ada koneksitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur,” katanya.

Advertisement

Subagiyo telah menyosialisasikan rencana pembangunan pasar timur kepada pedagang. Data DPP, jumlah pedagang pasar sisi timur tercatat ada 446 pedagang.

Di sisi lain, Humas Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) Kusbani berharap, pembangunan Pasar Klewer bisa segera diselesaikan. Ia berharap, para pedagang bisa segera menempati  kios mereka.

”Semakin cepat pembangunan Pasar Klewer dirampungkan, maka kios juga bisa segera ditempati pedagang,” tutur dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif