Jogja
Senin, 11 April 2016 - 19:20 WIB

PARKIR MALIOBORO : Gedung Parkir Abu Bakar Ali Dianggap Tak Sesuai Konsep Bangunan Heritage

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tempat parkir gedung di jalan Abu Bakar Ali mulai ditempati untuk parkir sepeda motor yang akan menuju Jalan Malioboro, Senin (4/4/2016). (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Parkir Malioboro di Gedung Abu Bakar Ali dianggap tidak sesuai dengan konsep bangunan di sekitarnya

Harianjogja.com, JOGJA-Pengamat Tata Ruang Universitas Gadjah Mada Budi Prayitno mengungkapkan bahwa, konsep pembangunan parkir di Taman Abu Bakar Ali seperti yang sudah ada sekarang ini masih belum ideal.

Advertisement

Menurut sepengetahuan yang ia miliki, parkir yang didominasi dengan warna cat hijau itu masih diujicobakan dalam bentuk portabel. Apabila tidak cocok bisa dipindah atau diubah, karena dapat dibongkar pasang.

Pasalnya, dengan konsep ukuran yang ‘monster’, parkiran tersebut dianggap tidak sesuai dengan konsep bangunan yang ada di sekitarnya, yang banyak berupa bangunan heritage. Sehingga secara visual, bangunan parkir itu sebetulnya ‘mengganggu’.

Ke depan, pemerintah daerah perlu untuk mengkaji ulang untuk membangun parkir dengan konsep underground [bawah tanah], agar lebih rapi, nyaman, senada dan selaras dengan bangunan yang ada di sekitarnya.

Advertisement

“Tapi kalau sekarang apa boleh buat? untuk ke depan, kajian ulang menjadi prioritas,” ungkap Budi kepada Harianjogja.com, Minggu (11/4/2016).

Namun ia mengapresiasi konsep parkir yang tidak lagi berada di pinggiran jalan Malioboro, dengan itu suasana pedestrian menjadi lebih nyaman.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif