Walikota Jogja Haryadi Suyuti dan isteri menerima kado ulang tahun pernikahan ke-24 di halaman Balai Kota, Senin (11/4/2016). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja) Walikota Jogja Haryadi Suyuti dan isteri menerima kado ulang tahun pernikahan ke-24 di halaman Balai Kota, Senin (11/4/2016). (Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja)
Senin, 11 April 2016 21:55 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Konsumsi Ikan Laut di Jogja Masih Rendah, Walikota Kampanye akan Ikan Laut

Konsumsi ikan laut warga Jogja dianggap masih rendah sehingga Walikota Jogja mengkampanyekan makan ikan laut

Solopos.com, JOGJA-Pemerintah Kota Jogja bersama Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) menggelar acara makan ikan laut bersama walikota di halaman Balai Kota Jogja, Senin (11/4/2016). Acara tersebut sebagai kampanye untuk meningkatkan konsumsi ikan laut.

“Karena konsumsi ikan laut di Jogja sampai saat ini masih rendah,” kata Kepala Bidang Perikanan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja, Benny Nurhantoro.

Benny mengatakan konsumsi ikan laut di DIY saat ini hanya 5.000 ton per tahun. Jauh dibawah angka konsumsi ikan hasil budidaya air tawar yang mencapai 71.000 ton per tahun. Menurutnya, masih banyak anggapan masyarakat bahwa ikan bau amis, sulit dimasak, dan terkesan mahal.

Dalam kampanye makan ikan laut bersama tersebut, pihaknya ingin membuktikan anggapan masyarakat soal ikan laut itu tidak benar. Banyak aneka makanan dari bahan olahan ikan laut yang bisa dinikmati hasil dari kreatifitas masyarakat.

Benny mengajak acara serupa juga digelar ditingkat kecamatan sampai tingkat kelurahan. Menurut dia untuk menyamakan posisi angka konsumsi ikan laut dan ikan budidaya air tawar, paling tidak tiap warga Jogja perlu mengkonsumsi ikan laut sebanyak 112 gram per hari atau satu kilogram dalam dua hari tiap kepala keluarga.

“Kalau ikan laut dibilang mahal tidak juga. Karena per kilogram berkisar Rp18.000. Mauh jauh jika dibanding harga ayam per kilogram,” ujar Benny.

Benny menyatakan Pemerintah Kota Jogja bersama Kontak Tani Nelayan Ikan dan Forikan sudah menjalin kerjasama dalam meningkatkan konsumsi ikan laut di Kota Jogja. Pihaknya juga memastikan tempat penyimpanan ikan segar berkapasitas 105 ton per hari siap diperasionalkan.

Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengajak masyarakat agar mengkonsumsi ikan bagian dari gaya hidup sehari-hari, “Tiap rumah tangga diupayakan menyediakan menu ikan tiap hari,” kata dia.

lowongan pekerjaan
Bagian Umum, Bagian Administrasi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…