Soloraya
Senin, 11 April 2016 - 16:33 WIB

KERUSAKAN FASILITAS PUBLIK : Duh, Gazebo dan Lampu di Tepi Kali Pepe Rusak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tiang lampu di tepi Kali Pepe, wilayah Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Solo yang hampir roboh, Senin (11/4/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)

Kerusakan fasilitas publik terjadi dipinggir Kali Pepe, wilayah Sudiroprajan, Jebres, Solo.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah sarana pendukung taman yang dipasang di tepi Kali Pepe, wilayah RW 004 dan RW 005 Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, Solo rusak.

Advertisement

Salah seorang warga RW 004 Sudiroprajan, Maryani,39, mengatakan sebagian lampu berdesain oriental yang terpasang di tepi Kali Pepe kini rusak. Dia tidak mengetahui secara pasti penyebab terjadinya kerusakan sarana umum tersebut. Maryani memprediksi kerusakan lampu oriental itu tidak terlepas dari ulah pemilik tangan-tangan jahil.

“Beberapa lampu di tepi Kali Pepe tidak lagi bisa menyala. Sejumlah wadah lampu yang terbuat dari susunan kaca dengan desain oriental juga sudah pecah. Kalau bukan diterpa angin kencang, lampu rusak karena ulah tangan-tangan jahil,” kata Maryani kepada solopos.com di tepi Kali Pepe, Senin (11/4/2016).

Meski masih ada yang berfungsi baik, Maryani menceritakan, lampu di tepi Kali Pepe jarang sekali dinyalakan. Menurut dia, lampu dinyalakan hanya pada saat ada acara atau perayaan, seperti Hari Raya Imlek. Maryani yang juga Ketua PKK Kampung Ketandan itu menyampaikan keberadaan lampu di tepi Kali Pepe mubah.

Advertisement

“Warga tidak berani menyalakan lampu sendiri. Instalasi kabel listrik pada lampu begitu semrawut. Warga takut kesetrum. Kami tentu ingin lampu bisa lekas diperbaiki agar kembali berfungsi. Selain sebagai penerangan jalan, lampu diperlukan karena bisa meningkatkan kehidupan sosial warga. Warga bisa beraktivitas di sekitar lampu,” papar Maryani.

Pantauan solopos.com di lokasi, bukan hanya lampu, beberapa bagian gazebo yang dibangun di tepi Kali Pepe tersebut juga dalam kondisi rusak. Tempat duduk di sejumlah gazebo dalam kondisi keropos. Selain itu, gazebo yang didesain dengan gaya oriental berwarna merak itu juga tidak lagi elok dipandang mata karena menjadi sasaran aksi vandalisme.

Salah satu warga Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Solo, Widodo, 43, saat bersantai di gazebo, menyatakan taman di tepi Kali Pepe, wilayah Sudiroprajan perlu ditata kembali. Banyak tanaman yang tumbuh tidak beraturan. Selain itu, menurut dia, keramik di bagian trotoar banyak yang sudah pecah hingga membahayakan pengunjung atau warga.

Advertisement

“Kalau ditata kembali, fasilitas umum di tepi Kali Pepe ini bisa nyaman dan menjadi pusat kegiatan masyarakat.

Kalau bisa, Kali Pepe juga perlu dibersihkan. Saat ini kondisinya kotor. Sampah berserakan di bagian sungai. Air sungai juga berwarna,” jelas Widodo.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif