Bajaj Pulsar 200NS dan KTM Duke 200. (Autocarindia.com)
Senin, 11 April 2016 13:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 2 Share :

BURSA MOTOR
Bajaj Balik ke Indonesia, Bakal Kembali Jual Motor KTM

Bursa motor Tanah Air akan diramaikan lagi oleh Bajaj Auto.

Solopos.com, NEW DELHI – Rapat internal Bajaj Auto India memutuskan bahwa mereka akan kembali berjualan secara resmi di bursa sepeda motor Indonesia. Tetapi yang dijual bukan hanya motor merek Bajaj, melainkan juga merek KTM.

Seperti diketahui saat ini Bajaj Auto memegang 48 persen saham KTM AG Austria. Di India, hampir seluruh motor KTM diproduksi dan dijual oleh Bajaj. Kesuksesan di Negeri Hindustan itulah yang ingin dibawa Bajaj ke Indonesia namun dengan pola terbalik.

Seperti dilansir laman Zigwheels dan Motoroids, Minggu (10/4/2016), Bajaj akan hadir di Indonesia melalui jaringan diler KTM yang sudah beroperasi sejak tahun lalu. Demi menekan harga, seluruh unit motor akan dikirim dari India secara terurai (CKD).

Tetapi dengan catatan, motor KTM yang dijual oleh Bajaj hanya varian 400 cc ke bawah, termasuk RC Series dan Duke Series. Nantinya jaringan diler KTM yang dikelola oleh PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) itu secara bertahap akan diambil alih sepenuhnya oleh manajemen Bajaj.

Sementara JSS, mereka akan tetap berjualan sepeda motor KTM. Tetapi segmennya lebih spesifik, yakni hanya menjual motor dengan mesin 400 cc ke atas atau sekelas motor gede (moge). Itu artinya JSS hanya fokus menghadapi lini motor Honda Big Bike, Ducati, dan Kawasaki.

“Hadir di Indonesia dengan jaringan yang kuat dan produk yang bersaing, itu adalah langkah kami berikutnya untuk mencapai target jangka panjang yang lebih besar. Semua tahu Indonesia adalah pasar otomotif roda dua terbesar di Asia Tenggara,” ungkap Hubert Trunkenportz, Chief Sales Officer KTM.

Meski begitu tidak dijelaskan kapan rencana itu dilaksanakan, pihak JSS pun belum memberikan konfirmasi. Tetapi beredar rumor pihak JSS kurang setuju dengan rencana tersebut. Sementara satu-satunya produk Bajaj di bursa motor Indonesia, Pulsar 200NS, sejauh ini penjualannya masih dilakukan oleh PT Kawasaki Motor (KMI).

LOWONGAN PEKERJAAN
FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…