Ilustrasi penyadap nira (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah) Ilustrasi penyadap nira (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)
Senin, 11 April 2016 01:20 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

ASURANSI TENAGA KERJA
Berapa Orang Penyadap Nira yang Belum Punya Asuransi?

Asuransi tenaga kerja di Kulonprogo dibutuhkan oleh penyadap nira

Solopos.com, KULONPROGO– Dinas Koperasi dan ESDM Kulonprogo masih kesulitan mendata penyadap nira yang tak tergabung dalam koperasi. Akibatnya, para penyadap yang tak terdata ini sulit untuk mendapatkan jaminan asuransi atas profesinya.

Sri Hermintati, Kepala Dinas Koperasi dan ESDM Kulonprogo menyatakan bahwa seluruh penyadap nira kelapa yang tergabung dalam koperasi sudah mendapatkan asuransi.

Namun, hal yangs ama tidak berlaku untuk beberapa penyadap nila yang tak tergabung dalam koperasi apapun. Sri mengakui bahwa sulit untuk memantau sejumlah penyadap yang tak terdata ini.

“Jadi sulit memantau memang jika tidak masuk koperasi,” ujarnya saat dikonfirmasi pada Jumat (8/4/2016).

Meski demikian, asuransi yang diberikan selama ini merupakan asuransi swasta. Sri menjelaskan bahwa ada kabar bahwa BPJS Kesehatan akan merambah bagi para penyadap kelapa ini. Karena itu, menurutnya jika hal ini benar-benar diterapkan maka sebagian koperasi pasti akan beralih karena lebih terjangkau.

Koperasi sendiri sebelum ini biasanya selalu menganggarkan sejumlah dana untuk dikelola bagi asuransi penderas. Terlebih lagi, profesi ini memiliki resiko pekerjaan yang tinggi. Selain itu, para penyadap nira sendiri lebih didominasi oleh usia lanjut dibandingkan usia muda.

lowongan pekerjaan
DESIGN GRAFIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…