Otomotif
Minggu, 10 April 2016 - 20:50 WIB

TIPS OTOMOTIF : Ternyata, Begini Cara Parkir Mobil Benar dan Aman

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi posisi parkir yang benar. (Autoblog.com)

Tips otomotif kali ini tentang cara memarkir mobil dengan aman.

Solopos.com, JAKARTA – Sebagian pengemudi masih sering kesulitan memarkirkan mobilnya. Jika pun bisa, tidak sedikit yang caranya salah kaprah dan justru membahayakan. Lantas seperti apa yang benar? Simak tips otomotif berikut ini!

Advertisement

Instruktur Rifat Drive Labs, Heri Wahyudi ketika berbagi tips otomotif menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan pengemudi adalah memastikan ukuran tempat parkir muat untuk mobil.

Selanjutnya masukkan mobil ke tempat parkir dengan cara mundur, baru kemudian maju untuk membuat posisi mobil lebih pas. Cara tersebut lebih aman, terutama saat parkir secara paralel atau parkir di pinggir jalan raya yang ramai kendaraan lalu-lalang.

”Kebanyakan para pengguna mobil ketika parkir yang penting gampang masuk [moncongnya], enggak memikirkan harus keluar secara safety. Jadi usahakan parkirnya mundur supaya pandangan lebih luas dan hanya menghadapi benda bergerak saja,” papar Heri seperti dilansir laman Liputan6, Sabtu (9/4/2016).

Advertisement

Tips selanjutnya ketika hendak mengeluarkan mobil dari tempat parkir, jangan keluar dengan bagian belakang terlebih dahulu.

Menurut Heri, cara tersebut memiliki risiko tertabrak dan menabrak lebih tinggi karena pandangan pengemudi terbatas. Sebaiknya keluar parkir dengan berjalan maju atau  moncong mobil terlebih dahulu.

”Pada kenyataannya banyak kasus keluar parkir dengan mundur terjadi kecelakaan, ketabrak dan sebagainya. Itu karena pandangan sangat terbatas, terlebih jika pakai mobil tinggi dengan blind spot besar,” imbuhnya.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif