Ilustrasi posisi parkir yang benar. (Autoblog.com)
Minggu, 10 April 2016 20:50 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Tips Share :

TIPS OTOMOTIF
Ternyata, Begini Cara Parkir Mobil Benar dan Aman

Tips otomotif kali ini tentang cara memarkir mobil dengan aman.

Solopos.com, JAKARTA – Sebagian pengemudi masih sering kesulitan memarkirkan mobilnya. Jika pun bisa, tidak sedikit yang caranya salah kaprah dan justru membahayakan. Lantas seperti apa yang benar? Simak tips otomotif berikut ini!

Instruktur Rifat Drive Labs, Heri Wahyudi ketika berbagi tips otomotif menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan pengemudi adalah memastikan ukuran tempat parkir muat untuk mobil.

Selanjutnya masukkan mobil ke tempat parkir dengan cara mundur, baru kemudian maju untuk membuat posisi mobil lebih pas. Cara tersebut lebih aman, terutama saat parkir secara paralel atau parkir di pinggir jalan raya yang ramai kendaraan lalu-lalang.

”Kebanyakan para pengguna mobil ketika parkir yang penting gampang masuk [moncongnya], enggak memikirkan harus keluar secara safety. Jadi usahakan parkirnya mundur supaya pandangan lebih luas dan hanya menghadapi benda bergerak saja,” papar Heri seperti dilansir laman Liputan6, Sabtu (9/4/2016).

Tips selanjutnya ketika hendak mengeluarkan mobil dari tempat parkir, jangan keluar dengan bagian belakang terlebih dahulu.

Menurut Heri, cara tersebut memiliki risiko tertabrak dan menabrak lebih tinggi karena pandangan pengemudi terbatas. Sebaiknya keluar parkir dengan berjalan maju atau  moncong mobil terlebih dahulu.

”Pada kenyataannya banyak kasus keluar parkir dengan mundur terjadi kecelakaan, ketabrak dan sebagainya. Itu karena pandangan sangat terbatas, terlebih jika pakai mobil tinggi dengan blind spot besar,” imbuhnya.

 

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…