Stasiun Tugu (JIBI/Harian Jogja/Antara)
Minggu, 10 April 2016 15:20 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PARKIR MALIOBORO
PT KAI Setujui Pembukaan Lahan Parkir Stasiun Tugu

Parkir Malioboro mendapatkan dukungan dari PT KAI

Solopos.com, JOGJA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 6 DIY memberikan sinyal positif untuk menambah lahan parkir Malioboro. Mereka berencana mengubah sebagian lahan di sisi barat Stasiun Tugu untuk gedung parkir vertikal.

Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 6 DIY Hendy Helmi di Kompleks Kepatihan baru-baru ini mengatakan mereka sudah mendengar usulan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membuka lahan parkir baru di barat Stasiun Tugu. Dia pun menyanggupi permintaan itu dan akan segera menyediakan lahan untuk dikelola sebagai lokasi parkir.

“Kita mendukung usaha Pemda DIY dalam membersihkan Malioboro, Sultan bilang akan menata wilayah Malioboro jadi kita coba bantu dengan membangun fasilitas parkir penunjang,” kata dia, baru-baru ini.

Untuk lahan parkir itu, Hendy mengatakan pihaknya belum memutuskan berapa luas lahan yang akan dijadikan areal parkir. Namun dia mengatakan sejauh ini di sisi barat stasiun Tugu terdapat lahan seluas lebih dari 20 hektare. Mereka baru mengelola sekitar lima hektare diantaranya untuk area parkir baru di barat stasiun.

Meskipun area yang belum dikelola masih luas, Hendy mengatakan tak seluruh lahan akan menjadi area parkir. Menurutnya Malioboro termasuk kawasan premium sehingga membuang lahan untuk area parkir merupakan tindakan yang mubazir. Opsi untuk membangun gedung parkir vertikal pun mencuat dan akan menjadi pilihan terbaik.

“Rencananya vertikal karena kita mencoba memanfaatkan lahan seefisien mungkin. Untuk desain kita serahkan ke pemda untuk dikaji seberapa luas yang bisa dibangun dan berapa luas RTH [ruang Terbuka Hijau]-nya,” beber Hendy.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…