Jogja
Minggu, 10 April 2016 - 15:20 WIB

PARKIR MALIOBORO : PT KAI Setujui Pembukaan Lahan Parkir Stasiun Tugu

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Stasiun Tugu (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Parkir Malioboro mendapatkan dukungan dari PT KAI

Harianjogja.com, JOGJA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 6 DIY memberikan sinyal positif untuk menambah lahan parkir Malioboro. Mereka berencana mengubah sebagian lahan di sisi barat Stasiun Tugu untuk gedung parkir vertikal.

Advertisement

Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi 6 DIY Hendy Helmi di Kompleks Kepatihan baru-baru ini mengatakan mereka sudah mendengar usulan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk membuka lahan parkir baru di barat Stasiun Tugu. Dia pun menyanggupi permintaan itu dan akan segera menyediakan lahan untuk dikelola sebagai lokasi parkir.

“Kita mendukung usaha Pemda DIY dalam membersihkan Malioboro, Sultan bilang akan menata wilayah Malioboro jadi kita coba bantu dengan membangun fasilitas parkir penunjang,” kata dia, baru-baru ini.

Untuk lahan parkir itu, Hendy mengatakan pihaknya belum memutuskan berapa luas lahan yang akan dijadikan areal parkir. Namun dia mengatakan sejauh ini di sisi barat stasiun Tugu terdapat lahan seluas lebih dari 20 hektare. Mereka baru mengelola sekitar lima hektare diantaranya untuk area parkir baru di barat stasiun.

Advertisement

Meskipun area yang belum dikelola masih luas, Hendy mengatakan tak seluruh lahan akan menjadi area parkir. Menurutnya Malioboro termasuk kawasan premium sehingga membuang lahan untuk area parkir merupakan tindakan yang mubazir. Opsi untuk membangun gedung parkir vertikal pun mencuat dan akan menjadi pilihan terbaik.

“Rencananya vertikal karena kita mencoba memanfaatkan lahan seefisien mungkin. Untuk desain kita serahkan ke pemda untuk dikaji seberapa luas yang bisa dibangun dan berapa luas RTH [ruang Terbuka Hijau]-nya,” beber Hendy.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif