Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto) Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
Minggu, 10 April 2016 10:20 WIB Mediani Dyah Natalia/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

MAHASISWA BERPRESTASI
Mahasiswa UGM Dominasi Juara MISSION 2016

Mahasiswa berprestasi di bidang matematika.

Solopos.com, SLEMAN-Tim mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mendominasi kejuaraan Mathematics ITS Calculus Competition (MISSION). Delegasi UGM berhasil meraih juara I dan juara III dalam Olimpiade Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) (OMITS) yang diselenggarakan 6 Februari 2016 lalu ini.

Dalam kompetisi ini tim UGM yang beranggotakan Erwin Eko Wahyudi (Ilmu Komputer-FMIPA) dan Garry Ariel (Matematika-FMIPA) berhasil meraih juara pertama. Sementara tim UGM lainnya dari Matematika FMIPA yakni Mu’amar Musa N dan Riky Kurniawan berhasil meraih juara III.

Erwin menyampaikan kompetisi MISSION ini diikuti 100 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beberapa diantaranya ITS, ITB, Universitas Airlangga, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, UIN Sunan Kalijaga, dan UGM.

Perjuangan Erwin dan Garry meraih juara tidaklah diperoleh dengan mudah. Sebelumnya mereka harus bersaing dengan 99 tim lain dalam babak penyisihan. Pada tahap penyisihan seluruh peserta diminta untuk mengerjakan soal-soal kalkulus yang berbentuk 40 soal pilihan ganda dan 10 soal berupa isian singkat.

“Dari 100 tim tersebut dipilih 15 tim yang maju ke nasional. Ada enam tim UGM yang berhasil masuk di tingkat nasional,” jelasnya Jumat (8/4/2016) seperti dikutip dari rilis.

Selanjutnya pada babak final seluruh tim harus melalui seleksi dalam dua sesi yaitu presentasi dan rally. Dalam sesi presentasi peserta diberikan sejumlah soal untuk dipecahkan untuk dipresentasikan di hadapan dewan juri. Sedangkan dalam sesi rally setiap tim harus mengerjakan soal-soal kalkulus dalam tiga pos yang berbeda dalam waktu 1 jam.

“Sangat senang dan bangga dalam kompetisi ini delegasi UGM bisa menyabet dua juara sekaligus,” papar mahasiswa angkatan 2012 ini.

Saat disinggung tentang persiapan mengikuti kompetisi ini, Erwin mengungkapkan bahwa ia dan rekannya melakukan persiapan secara maksimal menghadapi MISSION ini. Mereka melakukan latihan dan berdiskusi membahas soal-soal kalkulus serta matematika secara rutin dalam waktu hampir satu bulan menjelang pelaksanaan lomba.

“Senang bisa mendapatkan hasil maksimal dan memberikan prestasi terbaik bagi universitas. Semoga kedepan akan semakin banyak lagi prestasi yang ditorehkan mahasiswa UGM dalam berbagai kejuaraan,” terang dia.

LOWONGAN PEKERJAAN
WEDHANGAN GULO KLOPO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…