Aparat TNI, Polri, dan warga bergotong royong membersihkan material longsoran di rumah milik Lamio RT 001/RW 001 Desa Gedangan, Ngrayun, Ponorogo, Sabtu (9/4/2016). (Istimewa)
Minggu, 10 April 2016 13:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

LONGSOR PONOROGO
Rumah Warga Ngrayun Jebol Diterjang Tanah Longsor

Longsor Ponorogo terjadi di Dukuh Sobo RT 001/RW 001 Desa Gedangan, Kecamatan Ngrayun.

Solopos.com, PONOROGO – Bencana tanah longsor terjadi di Dukuh Sobo RT 001/RW 001 Desa Gedangan, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo, Jumat (8/4/2016) sekitar pukul 21.00 WIB. Akibatnya, satu rumah milik Lamio di desa setempat rusak parah dan tembok rumah jebol.

Kapolres Ponorogo, AKBP Ricky Purnama, mengatakan hujan deras mengguyur Desa Gedangan pada Jumat sejak pukul 15.00 WIB dan mengakibatkan tebing setinggi lima meter yang berada di sisi kiri rumah korban longsor.

Kemudian material longsoran menimpa dinding rumah sebelah kiri hingga mengakibatkan roboh. Dia menyampaikan sejumlah petugas dan warga gotong royong untuk membantu korban menyingkirkan material longsoran dari rumahnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana ini. Namun, kerugian material diperkirakan mencapai Rp5 juta,” kata dia dalam siaran pers yang diterima Madiunpos.com, Minggu (10/4/2016).

Ricky mengimbau kepada korban dan masyarakat sekitar untuk mewaspadai longsor susulan yang diperkirakan bisa terjadi lagi.

Selain itu, dia berharap kepada masyarakat yang tinggal di daerah dengan tanah miring dan di daerah tanah labil untuk meningkatkan kewaspadaan.

Hal ini karena bencana tanah longsor di saat musim penghujan seperti saat ini bisa kapan saja terjadi.

“Kalau bisa yang tinggal di wilayah rawan bisa cari tempat yang aman terlebih dahulu,” imbuh dia.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…