Ilustrasi anak dengan gangguan mata (Boldsky.com) Ilustrasi anak dengan gangguan mata (Boldsky.com)
Sabtu, 9 April 2016 20:40 WIB Kesehatan Share :

TIPS KESEHATAN
Kenali 5 Tanda Gangguan Mata Pada Anak

Tips kesehatan kali ini mengulas tentang tanda gangguan mata pada anak.

Solopos.com, SOLO — Memperhatikan kesehatan anak adalah hal yang wajib dilakukan orang tua.  Terutama kesehatan mata anak, karena indra penglihatan ini modal penting bagi buah hati bisa berkonsentrasi saat belajar.

Mata membantu anak dalam membaca, menulis, dan melakukan hal lain dengan baik. Terkait dengan itu, dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Senin (4/4/2016), masalah kesehatan mata pada anak-anak harus segera diatasi dengan segera. Penting bagi Anda untuk mengenali tanda berkurangnya kesehatan mata anak.

Berikut  lima tanda anak mengalami ganguan kesehatan mata;

1. Sering Menyipitkan Mata
Anak akan menyipitkan matanya pada saat fokus melihat satu benda. Bila itu terjadi terlalu sering, bahkan ketika di jarak dekat, hal ini bisa jadi tanda ada gangguan pada mata si kecil.

2. Jarak Baca Dekat
Saat Anda melihat anak membaca buku dengan jarak yang sangat dekat, mungkin saja anak Anda terkena gangguan mata. Bisa jadi, anak mengalami kesulitan membaca dengan jarak yang agak jauh.

3. Mata Berair
Jika mata anak Anda berair dan merasa pusing saat membaca, segera bawa anak Anda ke dokter.  Mungkin saja anak Anda terkena gangguan mata.

4. Malas Membaca
Jika anak Anda malas membaca atau menghindari kegiatan membaca, bisa jadi anak Anda sedang mengalami gangguan mata, sehingga membuatnya malas melakukan aktivitas yang bermanfaat ini.

5. Sering Menggosok Mata
Terlalu sering menggosok mata saat membaca merupakan indikator gangguan mata. Memang benar, tujuan menggosok mata adalah untuk mendapatkan pengelihatan yang jelas, tapi jika hal ini terlalu sering dilakukan anak Anda, ada baiknya Anda segera periksakan si kecil ke dokter spesialis mata. (Dwi Septiani Putri/JIBI/Solopos.com)

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…