Jatim
Sabtu, 9 April 2016 - 03:05 WIB

SWASEMBADA DAGING SAPI : Pemprov Jatim Genjot Kelahiran 1 Juta Anak Sapi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi potong (Rachman/JIBI/Bisnis)

Swasembada daging sapi diupayakan dengan meningkatkan produksi daging sapi.

Madiunpos.com. SURABAYA – Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus berupaya meningkatkan produksi daging sapi dalam negeri. Tahun 2016 ini, pemprov menargetkan jumlah kelahiran anak sapi dari proses inseminasi mencapai 1 juta ekor.

Advertisement

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Inseminasi Buatan Dinas Peternakan Jatim, Kusdiyanto, target kelahiran tahun ini meningkat dibandingkan realisasi 2015 yang mencapai 862.000 ekor.

“Populasi sapi di Jatim ini jangan sampai menyusut sehingga program inseminasi harus digenjot terus,” kata dia, Kamis (7/4/2016).

Untuk diketahui, populasi sapi di Jatim saat ini mencapai 4,5 juta ekor dan sebanyak 450.000 ekor di antaranya disiapkan untuk memenuhi kebutuhan daging sapi di Jatim. Sementara, 310.000 ekor sapi disiapkan untuk di daerah lain seperti Jakarta, Jawa Barat dan Kalimantan.

Advertisement

“Tapi yang sudah siap disembelih saat ini ada 847.000 ekor,” imbuh Kusdiyanto. Dia menambahkan, upaya menggenjot jumlah populasi sapi juga dilakukan dengan cara mengawinkan silang antara sapi bali dengan banteng untuk menghasilkan bibit sapi berkualitas.

“Kawin silang ini sedang uji coba secara terus menerus sampai benar-benar menghasilkan sapi yang bagus. Program ini dilakukan di Taman Safari Pasuruan sejak 2011,” ungkap Kusdiyanto.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif