Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 9 April 2016 Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 9 April 2016
Sabtu, 9 April 2016 09:17 WIB Evi Handayani/JIBI/Solopos.com Peristiwa Share :

SOLOPOS HARI INI
Rp183 Triliun Ngendon di Bank dan Jokowi Finalisasi Perombakan Kabinet

Solopos hari ini memberitakan tentang dana APBD yang mandek di Bank.

Solopos.com, SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengetahui uang APBD sejumlah Rp183 triliun berhenti di bank. Hal tersebut membuat mantan Wali Kota Solo itu geram.

Di Harian Utama Solopos, Sabtu (9/4/2016), selain memuat kabar tentang APBD yang mandek di bank, ada pula berita utama yang meliputi finalisasi perombakan Kabinet Kerja, gelaran Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2016, dan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo yang didorong untuk memiliki unit reaksi cepat (URC) jalan rusak.

Simak selengkapnya rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi Sabtu, 9 April 2016, berikut ini;

ANGGARAN DAERAH: Rp183 Triliun Ngendon di Bank
Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram karena dana pemerintah daerah yang mengendap di bank mencapai Rp183 triliun. Dana tersebut bisa dimaksimalkan untuk pembangunan daerah.

Hal itu diungkapkan Presiden saat memberikan pengarahan kepada 471 gubernur/wakil gubernur, bupati/wakil bupati, dan wali kota/wakil walikota di Istana Negara, Jumat (8/4).

”Uang APBD [anggaran pendapatan belanja daerah] mandek di bank berapa? Di kota ini mandek berapa? Saya tahu semua. Saya cek uang di bank daerah milik APBD Rp183 triliun. Besar sekali,” kata dia.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

PENATAAN PEMERINTAHAN: Jokowi Finalisasi Perombakan Kabinet
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil sejumlah menteri Kabinet Kerja ke Istana Bogor, Kamis (7/4) malam. Pemanggilan itu terkait dengan finalisasi perombakan (reshuffle) kabinet jilid II.

Informasi yang diperoleh wartawan dari kalangan Istana, Jumat (8/4), sedikitnya tiga menteri yang dipanggil Jokowi ke Istana Bogor. Selain menteri, beberapa tokoh di luar kabinet juga dipanggil.

Presiden telah bertemu empat mata dengan Wapres Jusuf Kalla seusai sidang kabinet paripurna di Sekretariat Negara, Kamis siang. Pertemuan empat mata antara Presiden dan Wapres itu merupakan kali pertama seusai keduanya menggelar kunjungan kerja.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

SICF 2016: Pengakuan Kuliner Tradisional
Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2016 terasa istimewa setelah Kota Solo berhasil meraih peringkat pertama destinasi wisata kuliner di Indonesia dari Kementerian Pariwisata. Berikut laporan wartawan Solopos, Shoqib Angriawan.

Chef Krisna Indra sibuk mengolah daging ikan nila. Dengan dibantu asistennya, David, chef dari Maranatha Resto Medan itu fokus meracik bumbu. Bawang merah, bawang putih, garam, jahe, laos, santan, dan bermacam bumbu dapur lainnya diracik jadi satu.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

INFRASTRUKTUR DAERAH: Digagas, URC Jalan Rusak Model Swakelola
Mekanisme lelang dinilai menghambat perbaikan kerusakan jalan berskala kecil termasuk lubang jalan. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo didorong memiliki unit reaksi cepat (URC) jalan rusak yang mampu merespons kerusakan jalan secara cepat.

Ketua Komisi II DPRD Solo Y.F. Sukasno mengatakan Pemkot sudah menginventarisasi jalan berlubang hasil pemetaan bersama Polresta Solo. Kerusakan itu tak bisa serta merta diperbaiki karena Pemkot harus menggelar lelang.

Baca selengkapnya: epaper.solopos.com

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…