Spek Iphone SE (Engadget) Spek Iphone SE (Engadget)
Sabtu, 9 April 2016 07:00 WIB JIBI/Solopos/Newswire Gadget Share :

SMARTPHONE TERBARU
Tanpa Perantara, Apple Langsung Daftarkan Iphone SE

Smatphone terbaru Iphone SE telah didaftarkan ke Kemenkominfo.

Solopos.com, JAKARTASmartphone terbaru Iphone SE dan Ipad Pro 9,7 inci telah didaftarkan ke Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo untuk disertifikasi. Menariknya bukan Erajaya sebagai distributor resminya yang mendaftar, tapi PT Apple Indonesia.

Ditanya mengenai hal tersebut, CEO Erajaya Group ,Hasan Aula, mengatakan pihaknya memang bukan yang mendaftarkan sertifikasi. Hal tersebut dilakukan langsung oleh pemilik smartphone terbaru Iphone SE, Apple. “Untuk sertifikasi Postel A dilakukan prinsipal langsung. Sementara Postel B, kami yang mengajukan,” ujar Hasan, seperti dilansir Detik, Jumat (8/4/2016).

Dijelaskan bos Erajaya, Postel A diajukan oleh pabrik atau pemilik brand. Sementara Postel B diajukan oleh pihak importir. “Bila sertifikasi Postel A telah keluar, maka kami baru bisa mengajukan Postel B,” kata Hasan.

Menurut Hasan pengajuan sertifikasi ke Ditjen Postel Kominfo adalah hal yang wajar dilakukan pemilik produk. Hal itu dilakukan untuk menguji perangkat tersebut di Indonesia.

Saat ini agar mengantongi sertifikasi Postel harus lebih dulu memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Pemerintah telah mensyaratkan semua perangkat 4G harus memenuhi 30% komponen lokal di awal 2017.

“Mungkin smartphone terbaru Iphone SE sebatas diuji tapi mungkin belum dikeluarkan sertifikasinya. Karena belum memiliki sertifikasi TKDN,” kata Hasan.

Tapi bisa jadi Apple juga tengah mengurus sertifikasi TKDN. Sebab pengajuan ini bisa dilakukan berbarengan. “Ini bisa dilakukan paralel sih. Selagi diuji Postel, sembari mengajukan sertifikasi TKDN. Begitu kelar uji, sertifikasi Postel dapat langsung diterbitkan,” pungkas Hasan.

Seperti dilansir Liputan6.com, Jumat, dengan kode Apple A7123 untuk smartphone terbaru Iphone SE dan Apple A1674 untuk Ipad Pro 9,7 inci. Dua perangkat itu masih dalam tahap proses dibuat Surat Pengantar Pengujian Perangkat (SP3).

Memang, proses ini masih jauh dari kata rampung. Masih ada beberapa langkah lagi agar kedua perangkat ini bisa lolos pengujian Ditjen Postel dan layak dijual di pasar Indonesia.

Smartphone terbaru Iphone SE dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Iphone SE 16 GB, misalnya dibanderol US$399 atau setara Rp5,2 juta untuk versi unlocked alias tanpa kontrak operator.

Meski masih dalam kategori harga di atas Rp5 juta, Iphone SE rupanya diklaim menjadi smartphone termurah Apple. Pakar teknologi Mark Rogowsky, mengatakan Apple tidak pernah mematok harga serendah itu untuk produk terbarunya.

“Harga ini memang belum bisa dikatakan terjangkau karena smartphone Android sudah ada yang dibanderol di bawah harga US$100 atau Rp1,3 juta. Sementara, smartphone bagus seperti seri Moto G saja sudah bisa dibeli dengan harga US$200 atau Rp2,6 juta, tetapi Iphone SE memang dinilai paling murah untuk ukuran Apple,” kata Rogowsky.

LOWONGAN PEKERJAAN
Editor Biologi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…