Teknologi
Sabtu, 9 April 2016 - 23:00 WIB

SMARTPHONE TERBARU : Iphone SE dan Ipad Pro 9,7 Inci Sudah Terdaftar di Kemenkominfo

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Iphone SE (Engadget)

Smartphone terbaru Iphone SE dan tablet Ipad Pro berukuran 9,7 inci masuk Ditjen Postel Kemenkominfo.

Solopos.com, JAKARTA — Tiga perangkat anyar Apple diam-diam sudah masuk Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo untuk disertifikasi. Tiga perangkat tersebut adalah smartphone terbaru Iphone SE dan Ipad Pro 9,7 inci.

Advertisement

Pantauan dari situs Postel, PT Apple Indonesia mendaftar tiga perangkat anyar. Perangkat pertama berkode Ipad A1673 diajukan pada 30 Maret 2016. Lalu ada Ipad A1674 dan Iphone A1723 yang didaftarkan pada 4 April 2016.

Ipad A1673 disebut-sebut sebagai merupakan Ipad Pro 9,7 inci varian Wifi. Sementara Ipad A1674 adalah Ipad Pro 9,7 inci versi seluler. Iphone A1723 merupakan Iphone SE.

Saat ini status Ipad A1673 sudah memasuki status bayar SP2. Sedangkan Ipad A1674 dan Iphone A1723 baru dalam proses dibuat SP3. Bila lulus pengujian, bukan tidak mungkin Ipad dan Iphone anyar ini segera dijual di Indonesia.

Advertisement

Smartphone terbaru Iphone SE dan Ipad Pro 9,7 inci dirilis pada 21 Maret 2016 lalu. Iphone SE punya layar berukuran 4 inci. Desainnya menyerupai Iphone 5S, hanya saja kemampuannya diklaim lebih mumpuni.

Pasalnya Apple membekali smartphone terbaru Iphone SE dengan prosesor 64 bit A9 dan M9 Motion Coprocessor. Alhasil, kecepatannya setara dengan Iphone 6S.

Kamera belakangnya berukuran 12 megapiksel yang dilengkapi focus pixel dan two-tone flash. Kamera ini dapat digunakan untuk membuat gambar panorama 63 megapiksel, memotret Live Photo dan merekam video 4K.

Advertisement

Selain itu, raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu turut menyematkan koneksi LTE dan Wifi yang lebih kencang. Kemampuan baterai lebih baik dan tersemat mikrophone anyar. Tidak ketinggalan fitur NFC, sehingga smartphone terbaru Iphone SE bisa digunakan untuk Apple Pay.

Ipad Pro 9,7 inci sendiri hadir dengan beratnya hanya 1 pon atau setengah kilogram saja. Untuk jeroannya, tablet ini menggunakan prosesor A9X. Dan layaknya pendahulunya, Ipad Pro versi 9,7 inci ini mendukung Apple Pencil dan Smart Keyboard.

Kamera belakang Ipad Pro berukuran 12 megapiksel. Kamera 12 MP dapat digunakan untuk membuat gambar panorama 63 megapiksel, memotret Live Photo dan merekam video 4K.

Selain itu, Apple menyediakan adapter lightning baru untuk membaca SD card dan dapat digunakan untuk adapter ethernet atau microphone.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif