Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa) Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)
Sabtu, 9 April 2016 05:40 WIB Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

PILKADA KULONPROGO
Budiono Dapat Dukungan Sejumlah PAC

Delapan Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kulonprogo merapatkan diri kepada Brigjen Purnawirawan Budiono.

 

Solopos.com, KULONPROGO-Delapan Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kulonprogo merapatkan diri kepada Brigjen Purnawirawan Budiono. Mereka bahkan menyatakan siap mendaftarkan Budiono sebagai bakal calon bupati melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) atau Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan.

Para perwakilan PAC bersangkutan lalu melakukan pertemuan dengan Budiono di sebuah tempat pemancingan wilayah Clereng, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo, Kamis (7/4/2016) malam. Mereka berasal dari PAC Kokap, Temon, Pengasih, Panjatan, Lendah, Nanggulan, dan Galur. “Sebenarnya ada delapan PAC tapi dari Samigaluh izin,” kata Ketua PAC Kokap, Agustinus Widya Setiawan di sela pertemuan.

Agustinus mengatakan, pertemuan malam itu baru sebatas upaya perkenalan dengan pribadi Budiono. Menurutnya, Budiono cukup layak diusung sebagai calon bupati Kulonprogo dari PDI Perjuangan karena memiliki kepribadian yang nasionalis.

Pihak Budiono sebenarnya sudah mencoba mengambil formulir pendaftaran calon bupati di sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kulonprogo pada awal pekan ini. Namun, tim yang datang mendapat kabar jika masa pengambilan formulir tahap dua sudah berakhir. “Jika masih ada kesempatan, kita akan dorong untuk mendaftar di DPD PDI Perjuangan DIY atau DPP. Kita siap membawa ke sana,” ujar Agustinus.

Budiono sendiri menyebut dukungan dari sejumlah PAC PDI Perjuangan sebagai penghargaan bagi dirinya. Menurut dia, hal itu menjadi sinyal positif bagi keberadaannya yang bisa diterima oleh berbagai lapisan masyarakat di Kulonprogo. Dia menyatakan bakal mengelola dukungan yang didapatkan secara tepat. “Mereka sudah datang dan siap mengusung saya untuk mendaftar di PDI Perjuangan,” ungkapnya.

Sebelumnya, mantan anggota Koppasus tersebut telah mengambil formulir pendaftaran calon bupati di sekretariat DPC Gerindra Kulonprogo, Kamis (31/3) pekan lalu. Budiono mengaku mendapatkan dukungan dari masyarakat Kulonprogo untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017 mendatang. Dia juga menyatakan sudah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai politik, seperti Gerindra, Golkar, Demokrat, Nasdem, dan Hanura.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kulonprogo, Istana mengaku tidak tahu mengenai adanya dukungan bagi Budiono dari kalangan PAC. “Saya tidak tahu jadi tidak bisa menanggapi apakah itu PAC atau oknum. PAC itu atas nama organisasi, beda dengan oknum,” komentarnya saat dihubungi pada Jumat (8/4/2016) siang.

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…