Petugas dari Dinas Sumber Daya Air saat melakukan pembersihan gorong-gorong di bawah plat beton di Jalan Parangtritis km 8,4 Tembi, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Foto diambil Selasa (5/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja) Petugas dari Dinas Sumber Daya Air saat melakukan pembersihan gorong-gorong di bawah plat beton di Jalan Parangtritis km 8,4 Tembi, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Foto diambil Selasa (5/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)
Sabtu, 9 April 2016 02:20 WIB Yudho Primbodo/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

INFRSTRUKTUR BANTUL
Plat Beton Tak Berizin Bermunculan, Ini Akibatnya

Infrastruktur Bantul perlu ditata

Solopos.com, BANTUL- Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kabupaten Bantul kewalahan membersihkan sedimen gorong-gorong di Jalan Parangtritis Tembi, Bangunharjo, Sewon, Bantul yang mencapai ketinggian 90 cm, pasalnya banyaknya plat beton tanpa izin di sepanjang jalan 400 meter tersebut menutup gorong-gorong yang hendak dibersihkan.

Kasi Operasi Jaringan Irigasi Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bantul, Yitno menjelaskan plat beton yang dibuat sangat tidak mengikuti aturan ada yang membuat hingga panjang lima meter.

“Dengan demikian sedimen lumpur yang menumpuk di bawah plat beton sangat susah dibersihkan, petugas harus menggunakan besi panjang untuk mengeruk ditambah dengan menyemprotkan air,”papar Yitno.

Ia menambahkan selain sedimen lumpur, gorong-gorong yang dibersihkan oleh dinas SDA juga bercampur dengan limbah keluarga dan sampah-sampah plastik bahkan sendok stenles steal.

“Sampah-sampah ini pasti berasal dari warung-warung yang buka diatas plat beton, selain menyalahi izin mereka ternyata juga tidak memperhatikan kebersihan sekitar,”katanya.

Selama ini saat hujan air tidak dapat mengalir di gorong-gorong tersebut, dengan demikian saat hujan deras hampir bisa dipastikan wilayah tersebut menjadi tergenang oleh air hujan.

“Selama ini saat hujan pasti wilayah tersebut tergenang air, bahkan air banjir juga sampai masuk ke kawasan SD yang ada didekat jalan itu,” ujar Yitno.

Setelah dilakukan pembersihan gorong-gorong tersebut, Dinas SDA juga sudah berkordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang dalam waktu dekat akan segera melakukan penertiban untuk Pedagang Kali Lima (PKL) dan penertiban untuk plat-plat beton tanpa izin tersebut.

“Satpol PP dalam waktu dekat juga akan melakukan penertiban, jadi setelah ditertibkan dinas SDA juga lebih mudah dalam membersihkan gorong-gorong itu,”paparnya.

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…