Lomba Mendongeng (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi) Lomba Mendongeng (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)
Sabtu, 9 April 2016 00:50 WIB Insetyonoto/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

Balai Bahasa Jateng Gelat Lomba Dongeng

Balai Bahasa Jateng menggelar lomba mendongeng untuk guru PAUD/TK.

Solopos.com, SEMARANG — Balai Bahasa Jawa Tengah (Jateng) menggelar lomba mendongeng untuk guru pendidikan anak usia dini (PAUD) dan taman kanak-kanak (TK) se-Kota Semarang berhadiah jutaan rupiah.

“Kegiatan ini bertujuan membangkitkan minat guru Paud/TK dalam aktivitas mendongeng pada anak, mengasah, dan meningkatkan kemampuan guru PAUD /TK dalam mengomunikasikan dongeng pada anak, ’’ kata Kepala Balai Bahasa Jateng Pardi Suratno, Jumat (8/4/2016).

Lomba mendongen yang mengusung tema Mendongeng sebagai Sarana Pendidikan Karakter, lanjut Pardi juga dalam upaya memupuk sikap positif, rasa cinta, dan bangga terhadap budaya lisan, serta menggali kemampuan mendongeng bagi guru berkualitas.

‘’Dongeng yang dibawakan harus dekat dengan dunia anak dan bernilai pendidikan [dapat berupa fabel maupun karangan sendiri]. Penggunaan alat peraga atau properti diperbolehkan,’’ ujarnya.

Koordinator Bidang Pembinaan Bahasa Balai Bahasa Jateng Agus Sudono, menambahkan pendaftaran lomba dongeng pada 1-30 April 2016 dan akan ditutup bila jumlah peserta sudah memenuhi kuota sebanyak 50 orang.

Guru PAUD/TK yang berminat dapat mendaftar dengan menghubungi Ika Inayati (087834510410) dan Moch. Fikri (08995826982).

‘’Pelaksanaan lomba pada tanggal 19 Mei 2016 mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai di Kantor Balai Bahasa Jateng, Jl. Elang Raya No. 1 Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang 50272,’’ kata dia.

Juri lomba dongeng, imbuh Agus, terdiri atas praktisi, akademisi, dan peneliti sastra. Kriteria penilaian yakni penggunaan bahasa Indonesia yang tertib, komunikatif, teknik bercerita, ekspresi, serta waktu penyampaian dongeng yang sesuai dengan batas waktu yang diberikan. ‘’Tiap peserta diberikan waktu untuk mendongeng selama tujuh menit,’’ imbuh dia.

Para juara mendapatkan tropi, piagam, dan uang pembinaan untuk juara II senilai Rp2 juta, juara II senilai Rp1,5 juta, juara III Rp1 juta, juara IV senilai Rp.750.000, dan juara V senilai Rp500.000. Pajak hadiah ditanggung pemenang.

 

lowongan pekerjaan
OPTION EXECUTIVE KTV & BAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Pemerataan Kesejahteraan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (24/10/2017). Esai ini karya Anton A. Setyawan, Doktor Ilmu Manajemen dan dosen di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah anton.setyawan@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Tanggal 20 Oktober…