Otomotif
Sabtu, 9 April 2016 - 05:50 WIB

AIRBAG TAKATA : Korban Airbag Takata Bertambah

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi korban meninggal. (http://halloapakabar.com)

Airbag Takata mengalami masalah. Seorang pengemudi Honda Civic tahun 2002 tewas dan dikaitkan dengan airbag Takata.

 

Advertisement

 

Harianjogja.com, TEXAS — Perangkat keselamatan airbag Takata yang bermasalah kembali menelan korban jiwa. Seorang pengemudi Honda Civic tahun 2002 tewas dan dikaitkan dengan airbag Takata yang bermasalah.

Diberitakan Reuters, Jumat (8/4/2016), kasus tewas seseorang akibat airbag Takata ini adalah kasus yang ke-10 yang terjadi di Amerika Serikat. Kasus kecelakaan terjadi di Fort Bend County, Texas pada 31 Maret lalu.

Advertisement

Honda mengatakan, pemilik mobil yang kecelakaan ini telah dikirimkan pemberitahuan mengenai penarikan Civic lansiran 2002 beberapa kali. Namun, perbaikan tidak pernah diajukan oleh pemilik mobil.

Deputi Kepolisian Fort Bend County, Danny Beckwith mengatakan, korban menabrak bagian belakang Honda CR-V yang sedang menunggu situasi lalu lintas kosong untuk berbelok ke kiri. Pengemudi Civic ini tidak memacu mobil dengan kecepatan mobil. Dia juga mengenakan sabuk pengaman.

Meski tidak ngebut dan masih menggunakan sabuk pengaman, korban yang merupakan wanita berusia 17 tahun ini tewas akibat ledakan airbag yang berlebihan. Dikatakan, pecahan logam pada perangkat airbag Takata mengenai leher dan arteri karotis korban. Korban dinyatakan meninggal dunia di tempat kejadian.

Advertisement

Dilaporkan, dari 10 korban tewas akibat airbag Takata di Amerika Serikat, 9 di antaranya melibatkan mobil Honda. Juru bicara Honda mengatakan, pihaknya telah mengirimkan 9,9 juta surat, 11,9 juta kartu pos, 4,5 juta surat elektronik dan 12,8 juta telepon hingga menggunakan iklan untuk kampanye penarikan ini.

Hingga saat ini, 14 pabrikan harus menarik sekitar 24 juta kendaraan yang melibatkan sekitar 28 juta inflator airbag Takata. Inflator airbag Takata itu bisa meledak berlebihan dan mengeluarkan pecahan logam ke interior mobil.

Honda mengatakan, pabrikan itu memiliki inflator pengganti yang cukup untuk membenahi Civic 2002 yang ditarik. “Dan kami terus mendorong semua pemilik kendaraan yang terkena dampak untuk mencari perbaikan segera,” kata Honda.

Advertisement
Kata Kunci : Airbag Takata Tewas
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif