Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar (Sunaryo HB/JIBI/Solopos) Kebun Teh Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)
Jumat, 8 April 2016 14:40 WIB Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

WISATA KARANGANYAR
Pemkab Tawarkan Wisata Alam dan Religi ke Makassar

Wisata Karanganyar, Pemkab Karanganyar menawarkan wisata alam di lereng Gunung Lawu ke Makassar.

Solopos.com, KARANGANYAR–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menawarkan wisata alam dan religi di Tawangmangu, Matesih, dan Ngargoyoso ke Makassar.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karanganyar tergabung pada wadah Java Promo berangkat ke Makassar pada Selasa-Kamis (29-31/3/2016). Disparbud dari wilayah lain di Soloraya juga menawarkan destinasi wisata unggulan di daerah masing-masing.

Disparbud Kabupaten Karanganyar menawarkan wisata religi di kompleks Astana Giribangun, Matesih. Astana Giribangun merupakan makam Presiden Kedua Republik Indonesia, Soeharto. “Kami menawarkan alternatif destinasi wisata bagi masyarakat di Makassar. Sasaran kami peserta didik, PNS, dan masyarakat umum. Mereka dapat menikmati suasana pegunungan, air terjun, kebun teh, dan wisata religi. Salah satu wisata religi di Astana Giribangun,” kata Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Promosi Disparbud Kabupaten Karanganyar, Bambang Sugito, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (8/4/2016).

Bambang menjelaskan setiap kabupaten/kota yang tergabung pada Java Promo dapat mempromosikan destinasi wisata sesuai paket perjalanan. Bambang memberikan contoh paket perjalanan dua hari satu malam di Solo-Karanganyar. Oleh karena itu, Jawa Promo juga menggandeng penyedia jasa perjalanan dan perhotelan.

“Pelesiran di Solo, tetapi bermalam di Karanganyar. Saya yakin wisatawan asal Makassar akan mendapatkan pengalaman berbeda. Makassar mengandalkan wisata pantai,” tutur Bambang optimistis.

Menurut Bambang, tim Java Promo juga menjajaki kerja sama dengan stakeholder dari Bali dan Bandung. Bambang mengklaim wisatawan dari Bali, Bandung, dan Makassar mulai menjajal destinasi wisata di Soloraya pada umumnya dan khususnya Karanganyar. Bambang berharap promosi wisata dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Karanganyar.

“Kami memantau peningkatan jumlah kunjungan ke objek wisata. Jumlah kunjungan mencapai 250 orang per hari pada hari biasa dan dua kali lipat pada akhir pekan dan hari libur. Museum Purbakala Dayu di Gondangrejo, Air Terjun Parang Ijo di Ngargoyoso, Air Terjun Jumog di Ngargoyoso, dan Candi Sukuh di Ngargoyoso diminati,” tutur dia.

lowongan pekerjaan
DAQU TRAVEL HAJI & UMROH SURAKARTA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…