Disposisi Ahok bertuliskan "Gila" yang menolak desakan pasal penurunan kewajiban pengembang dari 15% menjadi 5%. (Istimewa/Facebook Teman Ahok) Disposisi Ahok bertuliskan "Gila" yang menolak desakan pasal penurunan kewajiban pengembang dari 15% menjadi 5%. (Istimewa/Facebook Teman Ahok)
Jumat, 8 April 2016 19:30 WIB Lili Sunardi/JIBI/Bisnis Hukum Share :

SUAP REKLAMASI JAKARTA
Kemendagri Waspadai Praktik Titip-Menitip Pasal di Raperda

Suap reklamasi Jakarta membuka mata publik tentang kemungkinan titip menitip pasal dalam pembahasan raperda.

Solopos.com, JAKARTA — Kementerian Dalam Negeri mewaspadai upaya titip menitip pasal dalam rancangan peraturan daerah atau raperda yang ditujukan untuk keuntungan pihak tertentu. Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Soni Sumarsono, mengatakan pihaknya mencium adanya kegiatan titip menitip pasal dalam pembahasan raperda.

Untuk itu, diperlukan langkah antisipasi, agar tidak ada lagi peraturan daerah bermasalah. “Memang kami masih belum mengetahui persis dan baru informasi awal, tetapi ini tetap harus diantisipasi,” katanya di Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Soni menuturkan aksi titip menitip pasal dalam raperda itu biasanya dilakukan oleh pengusaha atau pihak lain yang memiliki kepentingan dan terkait langsung dengan peraturan daerah yang dibahas oleh pemerintah daerah dan DPRD. Menurutnya, Kemendagri sudah memiliki tiga upaya pencegahan aksi titip menitip pasal dalam raperda tersebut.

Ketiga langkah itu yakni mendorong transparansi proses pembahasan Raperda, pengawasan melalui e-raperda, dan pengembangan kapasitas manajemen serta teknis penyusunan setiap peraturan melalui pelatihan. “Transparansi pembahasan Raperda dan e-raperda itu untuk memperkuat pembinaan, serta pengawasan terhadap proses penyusunannya,” ujarnya.

Soni juga mencontohkan aksi titip menitip pasal dalam raperda biasanya dilakukan terhadap hal yang terkait dengan rencana zonasi pesisir pulau-pulau kecil, dan rencana tata ruang kawasan strategis pantai utara Jakarta.

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…