Skutik karya mahasiswa ITS dan Garanasindo. (Youtube.com)
Jumat, 8 April 2016 13:30 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 2 Share :

SEPEDA MOTOR LISTRIK
Sudah Jadi, Ini Sosok Skutik Karya Mahasiswa ITS

Sepeda motor listrik karya mahasiswa ITS dan Garansindo mirip skutik Jepang.

Solopos.com, SOLO – Pengerjaan prototipe sepeda motor listrik karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan PT Garansindo akhirnya rampung. Tampilannya keren, mirip skuter matik (skutik) pabrikan Jepang.

Penampakan utuh sosok sepeda motor listrik ITS-Garansindo itu diketahui lewat sebuah video yang diunggah Febri Ardani ke Youtube, Selasa (5/4/2016). Dalam video berdurasi 38 detik itu tampak skutik berkelir putih tengah dites di dalam ruangan.

Konsep LED dual headlamp di bagian depan sedikit mirip Honda Vario, namun tebengnya lebih lebar dengan sudut yang tidak terlalu agresif. Ukuran keseluruhannya pun sepertinya tidak jauh berbeda.

Menariknya lagi, desain lampu sein dibuat hanya garis lurus dengan LED kuning. Selain tampak minimalis, itu membuat tampilan skutik lebih futuristik. Sektor kaki-kaki tidak berubah dari tahun lalu, masih dibekali pelek 14 inci dengan palang mirip pada Kawasaki Ninja 250.

Tetapi tidak seperti skutik pada umumnya yang menggunakan belt CVT, skutik listrik besutan ITS-Garansindo masih menggunakan rantai. Gir pada roda belakang tampak terbuka seperti pada motor bebek.

Diberitakan sebelumnya, skutik tersebut dibekali mesin tenaga listrik berdaya 5,0 kW yang menjanjikan kecepatan maksimum 100 km/jam atau setara skutik bermesin bensin 110 cc. Sementara daya tahannya mengandalkan baterai berkapasitas 7,0 kW yang dapat digunakan melaju sejauh 100 km setelah terisi penuh.

Belum diketahui jadwal peluncuran prototipe sepeda motor listrik itu. Tetapi rumor menyebut peluncuran akan dilakukan dalam pameran otomotif Gaikindo Auto Show (GIIAS) 2016 yang digelar sekitar Agustus mendatang.

Video sepeda motor listrik karya mahasiswa ITS dan Garansindo dapat dilihat di alamat berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=QXolWCvMtY0

lowongan pekerjaan
KISEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…