Jumat, 8 April 2016 19:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Internasional Share :

RANKING FIFA
Argentina Kudeta Belgia di Puncak

Ranking FIFA diwarnai dengan Argentina yang berada di posisi pertama.

Solopos.com, ZURICH — Akhirnya Belgia tergeser juga dari posisi utama ranking FIFA. Tim berjuluk Setan Merah tersebut dikudeta Argentina dari posisi puncak dalam daftar ranking FIFA terbaru yang diumumkan Kamis (7/4/2016).

Belgia telah menempati nomor satu ranking FIFA selama lebih dari lima bulan terakhir. Namun posisi itu akhirnya tidak bisa dipertahankan lagi. Pergeseran posisi tersebut sangat ditentukan pada hasil-hasil yang mereka peroleh pada jeda internasional akhir Maret 2016 lalu.

Pada jeda internasional terbaru, Belgia menelan kekalahan dari Portugal pada laga persahabatan. Sementara Argentina sukses mengalahkan Chile dan Bolivia pada Kualifikasi Piala Dunia, Zona Conmebol. Ini kali pertama Argentina bisa kembali menempati posisi puncak ranking FIFA sejak Juli 2015, alias setelah mereka mencapai final Copa America.

Sementara itu, meski kalah dari Argentina akhir bulan lalu, Chile bisa naik dua tangga ke posisi ketiga. Seperti dilansir Fifa.com, Kamis, langkah pesat dialami Kolombia. Tim asal Amerika Selatan itu naik empat tangga untuk bertengger di posisi keempat. Kolombia menggeser tim juara dunia Jerman yang sebelumnya berdiri di posisi keempat ke peringkat kelima.

Lompatan besar juga dialami Turki. Ay Yldzllar (Bulan Sabit-Bintang), julukan Turki, masuk ke 20 besar, setelah naik tujuh tangga untuk menempati peringkat ke-13 untuk mengalahkan Swedia dan Austria. Sementara Meksiko merangkak enam tangga ke peringkat ke-16. Adapun tuan rumah Euro 2016, Prancis, merangsek tiga tingkat untuk berdiri di posisi ke-21.

Inilah 10 Besar Ranking FIFA

No (Posisi sebelumnya) Tim
1. (2) Argentina
2. (1) Belgia
3. (5) Chile
4. (8) Kolombia
5. (4) Jerman
6. (3) Spanyol
7. (6) Brasil
8. (7) Portugal
9. (11) Uruguay
10. (9) Inggris

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Tanggung Jawab Kesehatan Masyarakat

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (29/11/2017). Esai ini karya Muhammad Sholahuddin, dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan kandidat doktor bidang ekonomi di International Islamic University Malaysia. Alamat e-mail penulis adalah muhammad.sholahuddin@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu terakhir ini beredar…