Wakil Presiden Jusuf Kalla di IIMS 2016. (Detik.com)
Jumat, 8 April 2016 18:45 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 4 Share :

PAMERAN OTOMOTIF
Begini Saran JK Agar Merek Otomotif Dicintai Konsumen

Pameran otomotif IIMS 2016 dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Solopos.com, JAKARTA – Dalam kesempatannya membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberi saran agar merek otomotif bisa bertahan lama dan dicintai konsumen di Tanah Air.

Menurut JK, meluncurkan sepeda motor atau mobil yang bagus dengan harga kompetitif saja belum cukup. Faktor paling penting supaya pabrikan bisa bertahan lama di industri otomotif Indonesia adalah kejelasan layanan purna jual (aftersales).

“Banyak merek mobil bertahan lama, ada juga yang tidak bertahan lama. Bukan karena teknologinya, karena teknologi lama-lama sama, stylish bisa sama. Yang penting adalah dapatkah melayani customer dengan baik?,” papar JK sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Detik, Kamis (7/4/2016).

JK juga mengingatkan bahwa konsumen di Indonesia itu unik, membeli produk untuk pemakaian jangka panjang. Sehingga apabila aftersales jelas, konsumen pasti akan cinta dan loyal terhadap suatu merek sehingga membuatnya bisa bertahan lama.

”Inilah suatu hal yang paling penting di industri. Karena apabila hanya fokus di harga, hanya mementingkan beberapa pihak,” tambahnya.

Selain itu JK berharap penjualan kendaraan bermotor tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu karena pemerintah telah memberikan insentif yang cukup. Sedangkan dalam jangka panjang, seperti dilansir laman Metrotvnews, ia ingin industri otomotif Indonesia bisa mengalahkan Thailand.

”Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, jadi kira-kira saya harap lebih baik dibanding tahun lalu kan. Apalagi infrastruktur sudah lebih baik sekarang, pasti penjualan lebih baik,” ungkapnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
GRIYA BAMBU KUNING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…