Jogja
Jumat, 8 April 2016 - 19:20 WIB

Lanud Adisutjipto Ziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelaksanaan ziarah dan tabur bunga di Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Jumat (8/4/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Personel Lanud Adisutjipto melakukan ziarah ke monumen perjuangan TNI AU di Ngoro Bangunharjo Sewon Bantul

Harianjogja.com, BANTUL – Guna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-70 yang jatuh pada 9 April, 200 personil Lanud Adisutjipto, Purnawirawan TNI AU, Akademi Angkatan Udara, Paskhas, dan Rumah sakit Harjolukito melaksanakan ziarah ke Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto, Bangunharjo, Sewon, Jumat pagi (8/4/2016).

Advertisement

Kepala Dinas Personil (Kadisper) Lanud Adisutjipto, Kolonel Penerbang Dedy Susanto mengatakan ziarah ini tujuannya untuk mengingatkan nilai-nilai juang pahlawan TNI AU.

“Ziarah dilaksanakan disini karena monumen ini sangat bersejarah Angkatan Udara, karena monumen ini juga berkaitan dengan kejadian jatuhnya pesawat VT-CLA yang ditembak oleh Belanda pada 29 Juli, dimana yang gugur adalah pahlawan-pahlawan salah satunya Adisutjipto, Abdurachman Saleh, dan Adisumarmo,” paparnya.

Ia menambahkan di usia TNI AU yang sudah tidak muda lagi yaitu 70 tahun, peringatan hari ulang tahun harus dijadikan sebagai instrospeksi, agar TNI AU menjadi lebih baik, lebih dicintai masyarakat, dan lebih disegani sebagai kekuatan angkatan udara di Indonesia.

Advertisement

Selain acara ziarah ini, serangkaian acara hari ulang tahun TNI AU, Lanud Adisutjipto juga mengadakan rangkaian kegiatan seperti lomba olahraga antar satuan seperti lomba bola voli, bulutangkis, tenis lapangan, menembak, renang, dan sepak bola, dan juga akan diadakan upacara kemiliteran.

“Lomba-lomba bertujuan untuk mempererat hubungan antar personel, juga dapat dijadikan sebagai sarana penyaluran hobi dan bakat, sekaligus untuk memupuk soliditas dan sportivitas serta sebagai sarana hiburan,”katanya.

Kemudian untuk perayaan HUT TNI AU di Jakarta, Lanud Adisutjipto pada kesempatan kali ini memberangkatkan anggotanya yaitu tim aerobatic The Jupiter dan Tim Grob, kedua tim tersebut telah berangkat dari markas Lanud Adisutjipto pada hari Senin (5/4/2016), 8 pesawat KT-01 Wong Bee dan 18 Pesawat Grob G120TP A menuju Jakarta dan akan unjuk kebolehan di sana.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif