Ilustrasi/Reuters
Jumat, 8 April 2016 10:10 WIB JIBI/Solopos/Newswire Fokus Share :

Kenapa Sih Komik Marvel Banyak Diminati?

Komik Marvel banyak diminati di berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, JAKARTA – Komik Marvel menjadi salah komik paling diminati di dunia. Penerbit asal Amerika Serikat ini banyak melahirkan karakter superhero terkenal seperti Spiderman, Iron Man dan Fantastic Four. Lantas apa sih yang membuat komik ini begitu diminati?

“Sejak dulu Marvel selalu merefleksikan keberagaman,” kata Jamie Turner, Senior Manager, Franchise Marketing & Development, The Walt Disney Company Southeast Asia dalam Marvel Creative Day Out di Binus Northrumbia School of Design Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Tak hanya itu, alasan lainnya adalah tokoh utamanya berasal dari latar belakang yang bervariasi, mulai dari Black Panther yang merupakan pria Afrika-Amerika hingga Ms. Marvel, gadis remaja muslim Amerika.

Setiap orang bisa digambarkan sebagai pahlawan tanpa terpaku pada ras, gender atau agama tertentu.  Selain itu, Turner mengatakan kisah-kisah dalam komik Marvel selalu menggambarkan kehidupan yang tak asing bagi pembaca.  Tiap karakter memiliki masalah yang dihadapi oleh banyak orang, misalnya Peter Parker alias Spiderman yang kerap ditindas saat remaja.

“Para remaja di tiap generasi bisa memahami fenomena itu,” kata dia.

Kepahlawanan adalah salah satu unsur utama dalam kisah Marvel. Karakter utama akan beraksi dalam situasi-situasi sulit dan menegangkan.

“Karakternya dibuat agar penggemar merasa benar-benar ingin mendukung mereka,” kata Turner.

Intensitas cerita yang tidak membosankan serta sulit diprediksi juga disebut sebagai daya tarik komik Marvel.  “Banyak adegan aksi yang menarik hati pembaca,” katanya seperti dikutip Antara.

Setiap cerita juga punya latar belakang yang mendalam sehingga pembaca bisa menyelami apa yang mendasari karakternya dalam beraksi.

Tak melulu serius, Marvel juga selalu menyelipkan bumbu humor dalam cerita mereka, seperti terlihat dalam Ant-Man dan Deadpool.

LOWONGAN PEKERJAAN
Bagian Legal, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…