Sejumlah pedagang, warga, annggota BPBD Karanganyar, dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dan menyelamatkan barang milik pedagang di kios-kios. Si jago merah melalap ratusan kios di Pasar Karangpandan, Rabu (6/4/2016) sekitar pukul 01.30 WIB. (JIBI/Solopos/Istimewa/Camat Karangpandan) Sejumlah pedagang, warga, annggota BPBD Karanganyar, dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api dan menyelamatkan barang milik pedagang di kios-kios. Si jago merah melalap ratusan kios di Pasar Karangpandan, Rabu (6/4/2016) sekitar pukul 01.30 WIB. (JIBI/Solopos/Istimewa/Camat Karangpandan)
Jumat, 8 April 2016 22:15 WIB Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos Karanganyar Share :

KEBAKARAN KARANGANYAR
Pemkab Janji Bangun 3 Los Pasar Karangpandan

Kebakaran Karanganyar, Pemkab Karanganyar memastikan kembali membangun tiga los Pasar Karangpandan yang terbakar.

Solopos.com, KARANGANYAR–Pedagang Pasar Karangpandan membersihkan puing kebakaran sejak Kamis (7/4/2016). Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan membangun tiga los darurat di bekas lokasi kebakaran. Pemkab menarget pembangunan los darurat selesai dua pekan hingga satu bulan ke depan sehingga pedagang lekas berjualan.

Kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik. Si jago merah melahap tiga los dan empat kios milik 198 pedagang di Pasar Karangpandan, Rabu (6/4/2016) sekitar pukul 01.30 WIB. Tiga los itu terdiri atas dua los milik Pemkab dan satu los swadaya pedagang. Pedagang tidak dapat menyelamatkan barang dagangan yang ditinggal di los dan kios.

Pantauan Solopos.com di lokasi kebakaran hampir seluruh barang dagangan menjadi abu. Sepatu, kain, pakaian, sandal, tumpukan kertas, sepeda, dan lain-lain. Polisi memasang garis polisi setelah api padam. Pedagang yang memiliki los terbakar maupun pedagang yang tidak menjadi korban kebakaran bekerja bakti membersihkan sisa kebakaran.

“Sejak kemarin [Kamis] sudah membersihkan sisa kebakaran. Kepala pasar, sukarelawan, TNI/Polri sesuai petunjuk Bupati membersihkan sisa kebakaran. Police line belum dicopot,” kata Camat Karangpandan, Aji Pratama Heru Kristianto, saat dihubungi Solopos.com, Jumat (8/4/2016).

Menurut Heru, sapaan akrab Aji Pratama Heru Kristanto, pedagang hanya membersihkan sisa barang dagangan. Mereka tidak menyentuh kerangka bangunan. “Kalau itu [rangka bangunan los] wewenang Diseperindagkop dan UMKM. Garis polisi dicopot kalau sudah aman. Aman dari jarahan tangan jahil. Kami koordinasi dengan polisi,” tutur Heru.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindahkop dan UMKM) Kabupaten Karanganyar, Larmanto, menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sudah menyilakan pedagang membersihkan sisa kebakaran.

“Pedagang silakan mengambil barang dagangan. Tetapi di bawah pengawasan petugas pasar. Puing dari los swadaya pedagang menjadi hak pedagang. Pemkab segera membangun tiga los darurat. Secepatnya supaya pedagang bisa berjualan,” tutur Larmanto saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (8/4/2016).

Larmanto mengklaim sudah mengajukan surat permohonan penghitungan biaya membangun los darurat. Di sisi lain, Pemkab juga menyiapkan rencana membangun Pasar Karangpandan pada 2017. Rencana itu mulai dari pengajuan DED pada APBD Perubahan 2016. “Jadi pembangunan pada 2016 itu sementara supaya pedagang bisa beroperasi lagi. Tetapi, pedagang yang ingin segera berjualan sudah ada tempat di pasar sebelah utara [Pasar Karangpandan 2],” jelas dia.

Menurut Larmanto, Pemkab dapat menggunakan dana tidak terduga karena kebakaran Pasar Karangpandan termasuk kategori bencana. Hal itu mengemuka pada rapat koordinasi Bupati Karanganyar mengundang seluruh dinas teknis dan BPBD Karanganyar. “Tidak ada proses lelang. Bahan bangunan yang masih bisa dipakai akan dipakai untuk membangun los darurat. Nah, untuk kerangka los milik Pemkab, akan kami bongkar. Lelang setelah kami bongkar,” ujar dia.

Sementara itu, tokoh masyarakat di Karangpandan, Sri Harjono, berharap Pemkab segera mengambil langkah cepat dan menyeluruh supaya pedagang lekas berjualan. Lelaki yang juga menjadi anggota DPRD Kabupaten Karanganyar itu menyoroti kondisi jaringan listrik dan fire hydrant di Pasar Karangpandan.

lowongan pekerjaan
ERA PLATINUM SOLO, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Bangjo untuk Citra Kota Solo

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (19/9/2017). Esai ini karya Sugeng Riyanto, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah ust.sugeng@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Dalam rapat kerja Komisi III DPRD Kota Solo bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota…