Ilustrasi kilang minyak (migas.esdm.go.id)
Jumat, 8 April 2016 12:45 WIB JIBI/Solopos.com/Antara Ekonomi Share :

HARGA MINYAK DUNIA
Reli Minyak Mentah WTI Berlanjut

Harga minyak dunia kembali naik seiring aksi profit taking.

Solopos.com, NEW YORK – Harga minyak mentah pagi ini, Jumat (8/4/2016)  kembali melanjutkan relinya setelah didera aksi profit taking kemarin. Aksi profit  taking terjadi, setelah minyak mengalami reli pada 5 dan 6 April 2016.

Patokan AS, minyak West Texas Intermediate (WTI) di New York Mercantile Exchange untuk kontrak Mei 2016 pk. 09.16 WIB naik 1,66% ke US$37,88 per barel. Patokan Eropa, Brent kontrak Juni 2016 menguat 1,17% ke US$39,89/barel.

“Harga minyak mentah masih fluktuatif di tengah belum adanya kepastian pembatasan produksi oleh OPEC. Pertemuan di Doha 17 Aprril 2016 akan menjadi penentu,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Jumat (8/4/2016).

Harga minyak dunia turun pada penutupan perdagangan Kamis atau Jumat pagi WIB) setelah menguat tajam sesi sebelumnya, menyusul penurunan pertama dalam persediaan minyak AS dalam tujuh minggu terakhir.

Harga minyak telah meningkat lebih dari lima persen pada Rabu, setelah AS melaporkan bahwa persediaan minyak mentah komersialnya turun 4,9 juta barel dalam pekan yang berakhir 1 April.

Tetapi kenaikan itu telah mendorong aksi ambil untung pada Kamis, terutama karena pasar minyak masih dipandang sebagai kelebihan pasokan, kata para analis.

“Pasar minyak telah berbalik lebih rendah akibat aksi ambil untung dari kenaikan tajam pada Rabu, karena para pedagang mengakui bahwa penurunan satu minggu dalam persediaan minyak mentah AS mungkin tidak mengisyaratkan perubahan di pasar yang lebih luas,” kata analis Citi Futures, Tim Evans seperti dikutip Antara, Jumat (8/4/2016).

James Williams dari WTRG Economics mengatakan pasar minyak mungkin akan diperdagangkan secara tidak stabil menjelang pertemuan produsen-produsen utama minyak pada 17 April di Qatar untuk membahas pembatasan produksi.

“Jelang pertemuan Doha, kita akan melihat pasar naik dan turun, banyak bergantung pada apa yang dikatkan anggota-anggota OPEC,” katanya.

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…