Ilustrasi rumah sakit (JIBI/Harian Jogja/Reuters)
Jumat, 8 April 2016 05:05 WIB JIBI/Solopos/Antara Madiun Share :

BPJS KESEHATAN
6 RS di Tulungagung Jadi Rujukan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan 6 RS di Tulungagung.

Solopos.com, TULUNGAGUNG – Enam rumah sakit di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, menjalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk melayani pasien dengan asuransi kesehatan bersubsidi bentukan pemerintah tersebut.

Enam rumah sakit dimaksud Indri, masing-masing adalah RSUD dr. Iskak, RS Bhayangkara, RSI Orpeha, RS Era Medika, RS Madinah, dan RS Muhammadiyah Bandung.

“Sementara baru enam rumah sakit yang telah bekerja sama dengan kami. Lainnya masih proses atau belum mendapat rekomendasi dari dinas [kesehatan],” kata Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Tulungagung Indri Lestari di Tulungagung, Kamis (7/4/2016).

Menurut keterangan Indri, keenam rumah sakit tersebut telah ditetapkan sebagai fasilitas kesehatan yang melayani semua kategori pasien BPJS, karena memenuhi persyaratan sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Dikatakannya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi lembaga rumah sakit ataupun klinik yang ingin bekerja sama dengan BPJS.

Yakni kelengkapan administrasi, penentuan kelas, perizinan rumah sakit, ketersediaan jumlah minimal tenaga dokter umum, dan dokter ahli serta beberapa persyaratan lainnya.

Selain itu, kata dia, akan ada credentialing atau proses penentuan dan pemeliharaan kompetensi dalam penanganan pasien dari pihak BPJS.

“Ini berhubungan dengan standar penanganan pasien. Kebijakan ini berkaitan dengan izin, pendaftaran sertifikat dan akreditasi,” papar dia. Indri menambahkan credentialing sebuah lembaga rumah sakit wajib diperbaharui setiap tahun.

“Rumah sakit juga harus mendapat persetujuan dari dinkes. Jika tidak, meski lulus credentialing, maka tidak bisa kerja sama dengan BPJS,” ujar Indri.

Di Tulungagung, kata Indri, ada satu rumah sakit yang sampai saat ini belum mendapat rekomendasi dinkes meski telah mengajukan tawaran kerjasama dengan BPJS, yakni RS Budi Asih karena izin operasional rumah sakit masih dalam tahapan proses.

LOWONGAN PEKERJAAN
SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…