Soloraya
Jumat, 8 April 2016 - 18:23 WIB

BENCANA KARANGANYAR : Terkendala Dana, BPBD Belum Bikin Sekolah Tangguh Bencana

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bencana alam tanah longsor (JIBI/Solopos/Dok.)

Penanggulangan bencana diharapkan bisa dilakukan dengan pendirian sekolah tangguh bencana.

Solopos.com, KARANGANYAR — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar belum dapat menindaklanjuti program pembentukan sekolah tangguh bencana karena terkendala alokasi dana.

Advertisement

Kepala BPBD Kabupaten Karanganyar, Nugroho, menuturkan program itu menyasar kemandirian pengelola sekolah dan kesiapan peserta didik pada saat sebelum bencana, saat bencana, dan setelah bencana. Nugroho mengklaim BPBD siap melaksanakan program itu karena materi, pendampingan, dan simulasi kegiatan sudah disiapkan.

“Program sudah ada, tetapi perlu dukungan anggaran. Sampai sekarang belum ada [dukungan anggaran]. Kami sudah mengusulkan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah [TAPD] supaya mendapat pendanaan pada anggaran berikutnya,” kata Nugroho saat dihubungi solopos.com, Jumat (8/4/2016).

Penerapan sekolah tangguh bencana menyasar tempat kegiatan belajar mengajar (KBM) formal di lokasi rawan bencana alam. Nugroho mengingat sejumlah kejadian tanah longsor menimpa gedung sekolah. Program sekolah tangguh bencana sejalan dengan pembentukan Desa Tangguh Bencana. Kabupaten Karanganyar sudah membentuk Desa Tangguh Bencana di Desa Balong Jenawi, Kelurahan Tawangmangu Tawangmangu, dan Desa Berjo Ngargoyoso.

Advertisement

BPBD menargetkan pembentukan 20 objek tangguh bencana, yakni desa, sekolah, dan perusahaan hingga 2017. Nugroho menyinggung penerapan peraturan bupati (Perbup) tentang pengelolaan bantuan korban bencana alam. Dia berharap perbup itu dapat mendukung program mitigasi di lingkungan pendidikan.

Perbup itu mengganti Perbup Nomor 14 tahun 2012 tentang Petunjuk Pelaksana Pemberian Bantuan Bencana Alam dan Perbup Nomor 1 tahun 2014 tentang penggantinya.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif