Jogja
Jumat, 8 April 2016 - 03:20 WIB

APLIKASI SMARTPHONE : "Pasienia" Mahasiswa UGM Masuk Top 33 Mobile Apps Karya Anak Bangsa

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Aplikasi smartphone dikembangkan mahasiswa UGM

Harianjogja.com, SLEMAN-Aplikasi Pasienia karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam Top 33 Mobile Apps 2016 Karya Anak Bangsa pilihan Good News from Indonesia. Aplikasi yang lahir dari ajang Innovative Academy UGM ini terpilih karena popularitas yang tinggi di Google Play Store, khususnya dalam kategori kesehatan (healthy).

Advertisement

Pasienia merupakan aplikasi berbasis android yang menghubungkan antar pasien dan keluarga untuk berbagi pengetahuan dan infromasi terkait penyakit yang tengah dideritanya. Melalui media sosial ini pasien bisa saling curhat dan memberikan semangat satu sama lain. Aplikasi ini dikembangkan oleh empat mahasiswa UGM yaitu Fadli Wilihandarwo (FK) Haidar Ali Ismail (FMIPA) dan Dimas Ragil Mumpuni serta Rusmawati Harya Megasari (FEB).

CEO Pasienia Fadli Wilihandarwo mengatakan saat ini pasienia telah memiliki lebih dari 5.200 user. Selain itu juga telah ada sekitar 1.500 interaksi antara user yang saling berkomunikasi melalui aplikasi ini.

“Senang dan bangga atas prestasi ini semoga bisa semakin banyak masyarakat yang terbantu dengan adanya aplikasi ini,” ungkapnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com, terima Rabu (6/4/2016).

Advertisement

Seperti diketahui Indonesia sempat tercatat sebagai negara dengan pengunduh aplikasi terbanyak dunia. Sementara Amerika Serikat dan China sebagai negara tertinggi yang memiliki unduhan aplikasi terbanyak. Sedangkan delapan persen dari total unduhan aplikasi dunia berasal dari Indonesia. Bahkan pada tahun 2018 Indonesia diprediksi memiliki lebih dari 100 juta pengguna smartphone terbesar ke-4 dunia setelah China, India, dan AS. Sayangnya sebagian besar mobile apps buatan Indonesia belum menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Fadli menyampaikan saat ini pihaknya tengah berupaya mengembangkan fitur baru yaitu special promotion. Melalui fitur ini pengguna atau pasien bisa membeli obat secara online dan mendapatkan potongan harga hingga 20 persen.

“Bulan ini kami akan merilis fitur special promotion semacam apotek online untuk memudahkan pasien dalam memperoleh obat,” tutur Fadli.

Advertisement

Tidak hanya itu, mereka juga berencana akan segera merilis aplikasi pasienia dalam versi web. Selain itu juga akan meluncurkan pasienia dalam versi global.

“Bulan Mei ini kami akan mendevelop pasienia dengan target pasar internasional. Targetnya tahun ini bisa segera di-launching dengan begitu manfaat pasienia bisa dirasakan oleh masyarakat dunia,” terangnya.

Aplikasi ini tidak hanya berhasil masuk top 33 mobile apps karya anak bangsa. Pasienia juga berhasil masuk peringkat atas  Google Play Store yaitu berada di urutan keempat top free pada kategori health.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif