Pantai Srau di Pacitan (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja) Pantai Srau di Pacitan (Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja)
Kamis, 7 April 2016 07:55 WIB Holy Kartika N.S./JIBI/Harian Jogja Travel Share :

WISATA JAWA TIMUR
Raja Ampat Di Pantai Srau Pacitan

Wisata Jawa Timur di Pacitan.

Solopos.com, PACITAN-Sepanjang pantai di kawasan Kabupaten Pacitan memang telah dikenal sebagai pantai yang memiliki pasir putih dan surganya para peselancar. Sederet pantai yang telah dikenal, seperti Pantai Klayar dan Pantai Banyutibo sudah lebih dulu populer. Bahkan, kedua pantai tersebut selalu menjadi incaran para pelancong dari berbagai daerah.

Namun, keindahan Pantai Srau ternyata juga menyimpan eksotisme yang tak kalah indah dari pantai-pantai Pacitan yang lebih dulu tersohor. Pantai ini bahkan disebut-sebut sebagai Raja Ampat dari Pesisir Selatan Pulau Jawa.

Pantai Srau terletak di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku atau sekitar 25 kilometer dari Kota Pacitan. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri di bandingkan pantai-pantai yang ada di Pacitan. Suasana pantai ini lebih tenang dan sunyi, karena masih belum banyak dikunjungi wisawatan.

Ketika memasuki kawasan pantai ini, tak mengherankan apabila suasana pantai pribadi akan begitu terasa. Lokasi pantai tepat berada dekat pinggir jalan desa. Jadi, pengunjung yang mengendarai kendaraan bermotor dapat langsung memarkirkan kendaraannya tak jauh dari tepi pantai. Sepinya pantai ini banyak dimanfaatkan juga oleh para pengunjung yang memilih mendirikan tenda di tepi pantai.

Keunikan pantai ini di antaranya memiliki tiga lokasi pantai. Lokasi pantai di sisi timur, merupakan area strategis bagi Anda pemburu keindahan matahari terbit. Sedangkan pantai di sisi paling barat akan memberikan pemandangan alam terbenamnya matahari yang menampilkan semburat jingga keemasan yang sayang untuk dilewatkan.

Laut lepas dengan beberapa batuan karang besar yang tampak kokoh meski dihempas ombak akan menjadi pemandangan yang menganggumkan dari bagian tengah pantai ini. Tak mengherankan jika pemandangan-pemandangan ini bisa dinikmati sekaligus di pantai ini. Bentuk pantai yang menyerupai cekungan atau teluk, memberikan keunikan yang mengagumkan bagi Pantai Srau.

Selain itu, pemandangan alam yang dinikmati dari atas bukit menyuguhkan keindahan yang luar biasa cantik. Dari atas sebuah bukit, gugusan-gugusan batu karang dari atas perbukitan yang ada di pantai ini menampilkan lukisan alam yang jarang ditemui di kawasan pantai pesisir Jawa. Pemandangan inilah yang seolah menampilkan Pantai Srau tampak seperti Raja Ampat di Papua.

Hamparan luas pantai dan birunya samudra yang membentang luas. Ombaknya yang besar memang menjadi ciri khas pantai-pantai yang ada di wilayah Pacitan. Maka tidak mengherankan, jika pantai yang berada di kabupaten berjuluk Kota 1001 Gua itu juga dikenal baik di kalangan para peselancar. Tak jarang para peselancar lokal maupun wisatawan asing yang tanpa basa-basi mencicipi hempasan ombak di pantai ini dengan papan surfing mereka.

Kawasan pantai ini memang cukup sepi dan belum banyak dikunjungi orang. Namun, pemandangannya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Cukup membayar tiket masuk untuk dewasa Rp5.000 per orang saja untuk bisa menikmati panorama alam di Pantai Srau, Pacitan ini.

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…