Warga menyaksikan pembukaan pintu air Waduk Gajah Mungkur yang dibuka, Kamis (7/4/2016). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)
Kamis, 7 April 2016 23:40 WIB Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos Wonogiri Share :

WADUK GAJAH MUNGKUR
Jasa Tirta Mulai Buka Pintu Air WGM

Waduk Gajah Mungkur, pembukaan pintu air karena volume air waduk mulai penuh.

Solopos.com, WONOGIRI–Pintu air Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dibuka, Kamis (7/4/2016). Belum dapat dipastikan batas waktu pembukaan pintu air tersebut.

Menurut warga yang berada di lokasi pintu air, Yatin, pintu air mulai dibuka pada Kamis siang. “Sudah dari tadi, mungkin pukul 09.00 WIB sudah dibuka. Sejak musim penghujan, memang baru dibuka kali ini,” kata dia saat ditemui wartawan di sekitar pintu air, Kamis sore. Menurutnya pembukaan pintu air tersebut biasa dilakukan ketika volume air di waduk sudah penuh. “Waktunya tidak pasti. Asalkan waduk penuh, pintu dibuka,” kata dia.

Sementara itu Kepala Divisi Jasa Air dan Sumber Air (ASA) IV Perum Jasa Tirta I Wilayah Sungai Bengawan Solo, Erwando Rahmadi, mengatakan pembukaan pintu air tersebut merupakan aktivitas teknis untuk menjaga kondisi dan keamanan waduk. “Prinsipnya pintu air dibuka karena pertimbangan teknis dan keamanan,” kata dia. Saat dibuka, ketinggian muka air waduk mencapai 135.7 meter diatas permukaan laut (mdpl). Angka tersebut masih berada di bawah batasan maksimum di level 136.0 mdpl.

Pembukaan pintu air tersebut belum dapat dipastikan durasi waktunya. Dia mengatakan hal itu masih melihat kondisi input air dari wilayah hulu yang masih tinggi. “Direncanakan, ketika ketinggian air sudah mencapai 135.6 mdpl, pintu akan kami tutup. Pembukaan pintu ini dalam rangka menjaga fungsi tampungan pengendalian banjir. Hal itu tetap memperhatikan kondisi hilir. Mekanismenya sudah sesuai pedoman operasional waduknya,” kata dia. Pembukaan dilakukan pada dua pintu. Total pintu air yang ada sebanyak empat buah pintu. Total limpahanan air mencapai 100 meter kubik per detik.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….