Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)
Kamis, 7 April 2016 14:40 WIB JIBI/Solopos/Newswire Pendidikan Share :

UJIAN NASIONAL
Mendikbud: Peserta UNBK SMA Naik 900 Persen

Ujian nasional jenjang SMA tahun ini diikuti 921.000 peserta atau meningkat 900 persen dibandingkan tahun lalu.

Solopos.com, JAKARTA–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMA 2016 mencapai 921.000 peserta atau meningkat sekitar 900 persen dibandingkan 2015.

“Tahun lalu peserta sebanyak 107.000 anak, tahun ini meningkat menjadi 921.000 jadi naik kira-kira 900 persen dan alhamdulillah berjalan lancar,” kata Anies Baswedan di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara Jakarta seperti dilansir Antara, Kamis (7/4/2016).

Ia mengakui penyelenggaraan UNBK SMA belum sempurna tapi hampir sempurna karena ada empat server yang bermasalah tetapi kemudian dapat langsung diperbaiki. Anies menyebutkan selain di tingkat SMA, pada 2016 ini juga akan ada UNBK untuk tingkat SMP.

Ia menyebutkan ketidaksempurnaan penyelenggaraan UNBK kebanyakan karena masalah teknis, masalah yang sering dihadapi adalah jaringan. “Misal sudah persiapan ujian dilaksanakan, ternyata listrik bermasalah sehingga harus diganti pakai genset atau karena servernya mendadak down sehingga diganti server back up dan perlu waktu setengah jam untuk membuat server back upnya berfungsi,” ujar dia.

Ia mengatakan meskipun belum sempurna namun tidak ada satu anak pun yang dirugikan. “Itu kejadiannya kalau dihitung persentase hanya 0,003 persen. Jadi dari 921.000 peserta kejadian bermasalah kecil,” katanya.

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Solusi Kemanusiaan untuk Jerusalem

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/12/2017). Esai ini karya Mudhofir Abdullah, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah mudhofir1527@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump atas Jerusalem sebagai ibu kota Israel yang…