Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). (JIBI/Solopos/Antara)
Kamis, 7 April 2016 22:25 WIB u Kota Jogja Share :

UJIAN NASIONAL
Ada Peserta yang Bertanya Lewat Grup Line

Ujian nasional, masih ditemukan adanya siswa yang mengerjakan soal tak suportif.

Solopos.com, JOGJA-Ombudsman Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (ORI DIY) menerima adanya laporan dari salah seorang siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016, mengenai aktivitas tanya jawab soal UN di sebuah grup obrolan ‘Line’.

Kepala ORI DIY Budhi Masturi pada temu media di kantor ORI DIY pada Kamis (7/4/2016) mengatakan, pelapor adalah satu orang peserta UN salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Jogja. Siswa yang oleh ORI dirahasiakan identitasnya ini menerangkan, dirinya cukup kaget ketika setelah selesai mengerjakan soal UN mata pelajaran (mapel) Bahasa Indonesia dengan sistem UNBK, ia keluar ruangan dan membuka telepon genggam yang ia miliki. Ia sangat kaget karena melihat dalam grup yang ia ikuti tadi, terdapat kronologi percakapan menanyakan jawaban soal ujian mapel Bahasa Indonesia, disertai dengan lampiran foto soal dari sebuah halaman kerja UNBK di layar komputer, salah satu dari empat foto soal UNBK, ditampilkan dari layar laptop. Bukan hanya itu, ada tiga soal UN berbasis kertas yang juga dibagikan dalam halaman obrolan grup yang beranggotakan 195 orang siswa dari DIY dan luar DIY itu.

“Setelah ia baca, ternyata soal yang ia lihat dari grup itu, sama dengan yang ia kerjakan saat UN. Ada satu

lagi laporan datang dari peserta UN 2016 mapel Matematika namun masih belum kami konfirmasi lebih

lanjut,” kata Budhi.

Siswa ini, melaporkan kejadian tersebut kepada ORI DIY karena ia terketuk hatinya melihat rekannya yang

sudah jujur mengerjakan UN, tetapi ada peserta lain yang justru menanyakan jawaban UN lewat grup ‘Line’

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….