ilustrasi
Kamis, 7 April 2016 19:05 WIB Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com Madiun Share :

TIPS USIR ULAR
Begini Cara Mengusir Ular Liar dari Rumah

Tips usir ular diunggah oleh salah satu anggota Komunitas Reptil Madiun (Korem).

Solopos.com, MADIUN – Pengguna akun Facebook Ikhsan Bokir mengunggah tips bagi orang yang rumahnya kemasukan ular liar di Grup Facebook Komunitas Reptil Madiun (Korem).

Dalam unggahan tersebut disebutkan berbagai tips yang bisa dilakukan ketika ada ular liar yang masuk ke rumah.

“Tips singkat untuk ibu/bapak rumah tangga yang rumah tinggalnya kemasukkan ular tak diundang,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dari Facebook, Kamis (7/4/2016).

Dia mengingatkan ular masuk ke dalam rumah untuk mencari mangsa dan mencari tempat yang hangat. Dia menganggap ular tidak dengan sengaja datang untuk menyerang manusia, karena pada dasarnya ular takut pada manusia.

Dia menyebutkan ular tidak suka bau-bauan menyengat dan ular tidak takut pada garam. Namun, ular akan menyerang secara agresif jika disakiti dan terdesak.

Selain itu, ular sangat sensitif terhadap cahaya lampu, untuk itu saat mencari dan mengusir ular di dalam rumah harus berhati-hati pada efek gerakan senter yang bisa membuat ular untuk menyerang ke arah sumber cahaya senter.

“Cahaya senter itu bisa memprovokasi ular untuk melakukan tindakan menyerang. Untuk itu harus lebih hat-hati saat menggunakan senter untuk mengusir ular,” ujar dia.

Lebih lanjut, ular sangat suka sembunyi di tempat yang gelap dan lubang sempit dengan ukuran sebesar kepala ular itu. Ia menambahkan tidak semua ular berbahaya dan mematikan.

Ular mendesis belum tentu itu kobra dan belum tentu ular berbisa. Ular mendesis, lanjut dia, untuk mengeluarkan udara melalui lubang mulutnya dan menakuti makhluk lain yang ada di sekelilingnya.

Ikhsan Bokir menyampaikan jangan menangani ular tanpa menggunakan bantuan alat karena itu bisa membahayakan diri.

Yang perlu dilakukan saat ular masuk ke dalam rumah yaitu penghuni rumah tidak boleh panik dan diusahakan seluruh penghuni rumah untuk keluar rumah dengan tenang.

Seluruh pintu dan jendela rumah harus ditutup dan anggota keluarga mengambil posisi di luar rumah dengan jarak yang dianggap aman.

Setelah itu semprotkan wangi-wangian yang menyengat ke area ular terakhir terlihat dan bisa di dalam kamar maupun dapur rumah. Dan tentunya jenis wangi-wangian yang tidak berbahaya untuk makanan.

Tutup seluruh pintu dan jendela selama 15 hingga 30 menit dan selanjutnya buka salah satu pintu yang terhubung dengan udara luar.

“Karena ular tidak suka bau bauan menyengat, dia akan bergerak keluar ruangan pekat tadi ke arah udara masuk.. setelah keluar dan menyentuh tanah. Pastikan dia terusir dengan tongkat atau sapu. Ular tidak perlu ditangkap atau dibunuh untuk keluar dari rumah kita. dan ….. Jangan bunuh Ular.. sumber SIOUX,” kata dia.

Unggahan tersebut mendapat apresiasi dari sejumlah netizen anggota grup itu. Pantauan Madiunpos.com, Kamis pukul 15.00 WIB, unggahan itu telah disukai 24 pengguna Facebook dan mendapat empat komentar.

LOWONGAN PEKERJAAN
WEDHANGAN GULO KLOPO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…