Objek wisata Gua Pindul
Kamis, 7 April 2016 03:40 WIB Gunung Kidul Share :

Senin Depan, Pemkab Turun Tangan Tata Pokdarwis

Dalam tindakan tersebut akan menggandeng Satpol PP dan jajaran kepolisian untuk menertibkan.

 

 

Solopos.com, WONOSARI-Menindak lanjuti konflik antar pengelola Wisata Gua Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo yang terus bergulir akhirnya Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan menindak tegas pengelola yang tidak memiliki izin resmi dari Dinas.

Berdasarkan musyawarah kedua yang dilakukan oleh Perwakilan Disbudpar, Pemerintah desa Karangmojo, Polres Gunungkidul, dan perwakilan pengelola Goa Pindul, telah menyepakati bahwa pada Senin (11/4) mendatang akan melakukan penertiban kepada pengelola atau pokdarwis yang tidak bersertifikasi.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunungkidul, Harry Sukmono. Dalam tindakan tersebut akan menggandeng Satpol PP dan jajaran kepolisian untuk menertibkan.
Ia mengatakan bahwa Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang berlisensi adalah Pokdarwis Dewa Bejo yang terdiri dari Panca Wisata, Wirawisata, dan Tunas Wisata. Selain melalui keempat kelompok tersebut akan dilarang untuk masuk ke objek wisata Goa Pindul.

“Sistemnya petugas akan berjaga di mulut Goa. Pengelola yang membawa wisatawan masuk selain melalui sekretariat Dewa Bejo akan ditindak lanjuti,” kata dia usai mengadakan audiensi di Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul, Rabu (6/4)

Harry mengungkapkan permasalahan pindul seperti tak berujung. Konflik antar pengelola memang sudah terjadi sejak lama, dengan tindak tegas yang akan dilakukan pekan depan tersebut ia berharap konflik berangsur selesai.

Dalam tempo empat hari, sebelum hari Senin pihaknya akan mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada seluruh pengelola Pindul untuk mentaati perda dan pebub yang ada saat ini.

Selain itu, dalam audiensi tersebut juga diambil kesepakatan oleh seluruh perwakilan Pokdarwis yang hadir, yakni terkait dengan keberadaan joki Goa Pindul. Demi terselesaikannya konfli dan kecemburuan antar pengelola, secara serentak mereka mengatakan akan menutup hubungan dan kerjasama dengan para joki.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.NSC FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…