Android Marsmallow (www.technobuffalo.com) Android Marsmallow (www.technobuffalo.com)
Kamis, 7 April 2016 05:10 WIB Haryo Prabancono/JIBI/Solopos.com Android Share :

OS TERBARU
Pangsa Pasar Android Marshmallow 4,6%, Lollipop 35,8%

OS terbaru Android Marshmallow memiliki pangsa pasar 4,6% naik dua kali lipat.

Solopos.com, SOLO — Pangsa pasar operating system (OS) terbaru Android 6.0 Marshmallow naik dua kali lipat dibanding bulan lalu. Saat ini pangsa pasar Android M mencapai 4,6%.

Sebagaimana dikutip dari Phonearena, Rabu (6/4/2016), OS terbaru Android Marshmallow saat ini sudah digunakan 4,6% perangkat Android. Padahal bulan lalu pengguna Android 6.0 hanya 2,3%.

Pangsa pasar OS Android Lollipop masih yang tertinggi sebesar 35,8%. Bulan lalu pangsa pasar Lilliopop masih di kisaran 36,1%. Terjadi penurunan tipis bisa jadi karena adanya kenaikan penggunaan OS Marshmallow.

Pengguna OS Android Kitkat masih cukup besar meski mengalami penurunan. Kitkat menduduki peringkat kedua di bawah Lollipop, yakni 33,4%. Bulan lalu pangsa pasar Kitkat mencapai 34,3%.

Sedangkan OS Jelly Bean versi 4.1.x, 4.2.x, dan 4.3 memiliki pangsa pasar 21,3%, menurun 1% dari bulan sebelumnya. sementara Ice Cream Sandwich pangsa pasarnya semakin menurun dan hanya tinggal 2,2 persen. OS Android lawas seperti Gingerbread dan Froyo memiliki pangsa pasar 2,6% dan 0,1%.

Meski begitu dalam beberapa tahun ke depan, OS terbaru Android Marshmallow diprediksi melampui Kitkat dan Lollipop. Hal itu karena Android Marshmallow memiliki fitur baru yang lebih baik dibanding generasi Lollipop.

Di bagian pengaturan, penggunan bisa menggunakan fitur Android security patch level untuk memperkuat keamanan ponsel. Fitur Android security patch level bisa berfungsi dengan baik apabila perusahaan pembuat smartphone juga ikut mendukung, Namun, fitur tersebut sepertiya tak bisa digunakan di dua Nexus terbaru.

OS terbaru Android Marshmallow dibekali dengan fitur akses cepat ke menu dengan menggunakan suara. Untuk menggunakan fitur itu, sentuh layar smartphone dari bawah ke arah kiri atas. Anda bisa mencobanya saat sudah terbiasa.

OS terbaru Android Marshmallow memang dibekali fitur unik sehingga membuat baterai smartphone atau tablet yang menggunakannya tidak cepat habis.

Hal itu karena Android terbaru itu mampu menghentikan proses aplikasi saat pengguna tidak memerlukannya. Saat menggunaan OS terbaru Marshmallow, baterai smartphone Nexus 5 dan Nexus 6 akan lebih hemat 30% dari biasanya.

OS terbaru Android 6.0 Marshmallow juga sangat dinamis dan fleksibel karena bisa mengatur penempatan aplikasi sesuai dengan kehendak pengguna.

LOWONGAN PEKERJAAN
Editor Biologi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…