Suasana pembangunan gedung bertingkat di sekitar Jl. Slamet Riyadi, Kleco, Solo. Kota Solo masuk 10 besar kota di Indonesia dengan pertumbuhan gedung pencakar langit paling pesat. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos) Ilustrasi (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)
Kamis, 7 April 2016 14:20 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HOTEL DI JOGJA
Tingkat Hunian di Bawah 70%, Haryadi Berencana Perpanjang Moratorium Izin Hotel

Hotel di Jogja untuk pembangunan hotel dihentikan sementara, dan moratorium tersebut diperpanjang

Solopos.com, JOGJA-Walikota Jogja Haryadi Suyuti berencana memperpanjang izin pembangunan hotel baru. Karena menurutnya, occupancy rate atau tingkat hunian hotel di Kota Jogja masih jauh dibawah angka 70%.

“Perpanjangan moratorium sifatnya baru rencana. Sampai kapan [perpanjangannya] tergantung hasil kajian nanti bisa sampai tiga tahun,” kata Haryadi saat dihubungi Rabu (6/4/2016). Yang jelas, kata dia, patokannya adalah occupancy rate.

Moratorium izin pembangunan hotel saat ini masih berlaku sejak keluarnya Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 77 Tahun 2013. Moratorium akan berakhir pada 31 Desember 2016. Haryadi mengatakan perpanjangan moratorium izin pembangunan hotel juga mempertimbangkan usulan Perhimpunan Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY.

Karena PHRI dan Badan Pusat Statistik (BPS) yang mempunyai data occupancy rate. Berdasarkan data dari kedua lembaga tersebut, diakui Haryadi occupancy rate rata-rata masih dibawah 70% kecuali hotel di sekitar Malioboro yang cukup tinggi.

Haryadi menampik jika keputusannya tersebut atas tekanan PHRI. “Keputusan Pemkot sendiri, enggak ada tekanan PHRI,” tegas Haryadi.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…