Ilustrasi SPBU (Dok/JIBI/Solopos) Ilustrasi SPBU (Dok/JIBI/Solopos)
Kamis, 7 April 2016 08:40 WIB Bernadheta Dian/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

HARGA BBM
BBM Turun, Tarif Pengiriman Barang Tetap

Perusahaan pengiriman barang seperti PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) masih menerapkan tarif lama kepada konsumen.

 

 

Solopos.com, JOGJA-Penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar yang ditetapkan sejak 1 April tidak diikuti penyesuaian tarif pengiriman barang. Perusahaan pengiriman barang seperti PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) masih menerapkan tarif lama kepada konsumen.

Pimpinan Cabang JNE Jogja Marsudi mengatakan, saat ini JNE belum melakukan penyesuaian tarif. Perubahan harga BBM tidak serta merta mengubah tarif pengiriman barang yang diberlakukan di perusahaannya. “BBM naik atau turun biasanya masih kami kaji atau analisa dan harus menghitung komponen harga yang lain. Misalnya SMU atau Surat Muatan Udara di penerbangan, biaya handling dan biaya gudang,” kata Marsudi, Rabu (6/4/2016).

Ada pula pertimbangan biaya operasional perawatan kendaraan, biaya gaji, termasuk infrastruktur dan teknologi. Jika berdasarkan hasil penghitungan dari semua komponen itu menunjukkan angka murah, maka besar kemungkinan tarif pengiriman barang turun.

Ia kembali menegaskan bahwa turunnya harga BBM belum tentu menurunkan tarif pengiriman di JNE. BBM tidak menjadi pertimbangan utama dalam menaikkan atau menurunkan harga. Perubahan harga BBM sendiri masih sulit diprediksi sehingga JNE tidak mengikuti perubahan tarif berdasarkan BBM.

Terlepas dari apakah BBM turun atau tidak, tarif pengiriman pun belum tentu berubah setiap setahun sekali. Marsudi menuturkan, perubahan tarif tergantung analisa perusahaan dan segmen pasar. “Alasannya JNE juga turut membantu UKM yang mencoba bisnis online atau e-commerce sehingga harga juga menjadi pertimbangan selain kecepatan dan pelayanan yang selalu ditingkatkan,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Harian Jogja di website JNE, tarif pengiriman surat dan paket dari Jogja ke Jakarta untuk layanan OKE masih Rp16.000 per kg, layanan REG Rp19.000 per kg, dan layanan YES Rp30.000 per kg. Sementara untuk pengiriman tujuan luar pulau Jawa juga masih sama. Pengiriman Jogja-Pontianak Barat, layanan OKE Rp31.000 per kg, REG Rp36.000 per kg, dan YES Rp59.000 per kg.

Tarif pengiriman barang melalui PT Pos Indonesia juga belum berubah pasca penurunan premium dan solar. Kepala Kantor Pos Besar Indonesia Dodik Budiantono mengatakan, penurunan BBM tak serta merta menurunkan tarif pengiriman mail and parcel (surat dan paket). “Parameter kenaikan atau penurunan tarif pos banyak sekali, terkait penurunan BBM tidak serta merta menurunkan tarif pengiriman barang,” kata dia.

lowongan pekerjaan
Bagian Umum, Bagian Administrasi, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…