Google Doodle memperingati hari lahir Ravi Shankar (Google.com) Google Doodle memperingati hari lahir Ravi Shankar (Google.com)
Kamis, 7 April 2016 11:10 WIB Evi Handayani/JIBI/Solopos.com Internet Share :

GOOGLE DOODLE
Komposer India Ravi Shankar, Mendunia Berkat Sitar

Google Doodle kali ini menampilkan sitar, alat musik yang mencirikan seorang Ravi Shankar.

Solopos.com, SOLO — Dalam dunia musik, Ravi Shankar tidak lagi menjadi nama yang asing. Musisi legendaris asal India ini populer karena mampu membawa musik tradisional India ke kancah dunia.

Dihimpun Solopos.com dari pelbagai sumber, Ravi Shankar lahir di Varanasi, Uttar Pradesh, India, 7 April 1920. Nama lengkapnya adalah Robindro Shaunkor Chowdhury.

Ravi terkenal sebagai musisi yang piawai memainkan alat musik sitar. Maka tak heran bila mesin pencari Google menampilkan gambar sitar sebagai simbol sosol sang musisi.

Waktu kecil, Ravi menghabiskan banyak waktu untuk berlatih menari di grup tari sang kakak, Uday Shankar. Ia biasa melakukan pertunjukan tari di India dan Eropa di usia dininya.

Pada 1938, Ravi mulai meninggalkan dunia tari, untuk berlatih sitar, di bawah arahan musisi Allauddin Khan. Setelah menyelesaikan studi musiknya pada 1944, Ravi menjadi komposer dan menciptakan musik untuk Apu Trilogy oleh Satyajit Ray. Ravu juga menjadi music director di All India Radio, New Delhi, dari tahun 1949 hingga 1956.

Pada 1956, Ravi mulai karier musiknya di area Eropa dan Amerika. Ia membawakan musik klasik India yang kemudian mendapat sambutan positif dari publik. Ia mencapai popularitasnya pada 1960-an, karean kiprahnya sebagai pengajar dan penampil di dunia musik. Ketenaran Ravi ini juga tak terlepas dari kerja sama baiknya dengan pemain biola Yehudi Menuhin dan gitaris The Beatles George Harrison.

Untuk kehidupan pribadi, Ravi tak hanya sekali menikah. Awalnya, ia menikah dengan anak Allauddin Khan, Annapurna Devi, pada 1941. Dari pernikahan ini, Ravi dan Devi memiliki anak Shubhendra Shankar, yang lahir pada 1942. Sayangya, pernikahan tersebut tidak bertahan lama, karena Ravi terpikat kepada sosok penari Kamala Shastri, di akhir era 1940-an.

Ketika masih berhubungan dengan Kamala, Ravi terlibat asmara dengan Sue Jones, seorang produser konser di New York. Pada 1979, Ravi dan Sue Jones dikaruniai seorang anak perempuan, Norah Jones. Norah sendiri diketahui publik mengikuti jejak sang ayah di dunia musik. Ravi bersama Sue hingga 1986.

Di sela hubungan Ravi dengan Sue, ternyata Ravi juga menjalin kisah dengan Sukanya Rajan pada 1981. Bersama Sukanya Rajan, Ravi memiliki anak perempuan Anoushka Shankar. Lalu, pada 1989, Ravi menikahi Sukanya Rajan.

Semasa hidup, karya Ravi antara lain Monterey Pop, Double Trouble, The Song of The Little Road. Sang musisi meninggal di La Jolla, San Diego, California, pada 11 Desember 2012. Ia menjadi salah satu orang yang mendapat penghargaan dari Rekor Guinness karena perjalanan karier internasional yang terhitung lama.

lowongan pekerjaan
HUMAN RESOURCE DEPARTMENT MANAGER, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…