Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)
Kamis, 7 April 2016 12:25 WIB JIBI/Solopos/Newswire Internet Share :

BISNIS ONLINE
Telkom Metra-Ebay Beri Dana Blanja.com Rp330 Miliar

Bisnis online di Indonesia semakin bergairah setelah Telkom dan Ebay memberikan dana kepada Blanja.com sebesar Rp330 miliar.

Solopos.com, JAKARTA — Telkom Metra bersama eBay akan menyuntikkan dana segar US$25 juta atau Rp330 miliar untuk membesarkan layanan e-commerce usaha patungannya blanja.com di tengah persaingan yang semakin ketat.

Dalam penambahan modal blanja.com itu, Telkom Metra berkontribusi US$15 juta atau Rp198 miliar dengan kontribusi 60%, sedangkan eBay 40% atau sekitar U$10 juta atau Rp138 miliar, kata Presiden Direktur Telkom Metra Teguh Wahyono. “Kita suntik tahun ini,” ucapnya, seperti dikutip dari Antara, Kamis (7/4/2016).

Dengan suntikan dana segar itu diharapkan blanja.com bisa mengubah strategi lebih agresif mengingat potensi e-commerce Indonesia yang terus tumbuh dan berkembang serta sistem yang semakin siap. Ia menambahkan, keberadaan blanja.com adalah untuk menguatkan posisi Telkom.

“Kalau kemarin kita less aggressive atau kurang agresif karena merasa industri ini belum terlalu siap, sistemnya belum siap. Kita melihat sekarang industri ini sudah mulai tumbuh untuk itu spend atau belanja kita lebih besar,” tuturnya.

Meksipun suntikan dana dirasa masih jauh lebih kecil dari para kompetitor besar yang ada seperti Tokopedia dan Lazada, ia mengklaim blanja.com memiliki keunggulan dibandingkan dengan e-commerce lainnya.

Blanja.com secara perusahaan terafiliasi dalam perusahaan telekomunikasi yang juga memiliki operator selular Telkomsel. Hal ini, menurut dia, dapat dimanfaatkan sebagai saluran distribusi langsung ke pengguna.

“Kalau Telkom sudah punya Telkomsel, 150 juta pelanggan mestinya lebih mudah, kalau yang lainkan semuanya harus B to B atau antarperusahaan, kalau Telkom punya distribution channel harusnya lebih mudah dan lebih hemat,” ujarnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
Editor Biologi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…