Foto ilustrasi (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 6 April 2016 11:20 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

UN 2016
Siswa SMA di Jogja Temukan Kisi-kisi yang Mirip Soal Ujian, Mungkinkah Bocoran?

UN 2016 di Jogja diwarnai kasus penemuan kisi-kisi yang mirip dengan soal ujian

Solopos.com, JOGJA- Seorang siswa SMA negeri di Jogja menemukan soal-soal ujian nasional yang mirip dengan kisi-kisi.

Siswa yang berinisial AI tersebut mengungkapkan, ia sempat diberitahu beberapa kisi-kisi materi soal yang keluar pada ujian nasional paper based test (PBT) oleh salah satu temannya, yang berasal dari sebuah SMA swasta di Jogja.

Setelah mendengar beberapa kisi-kisi materi yang diberikan, ia cukup terpengaruh, sehingga meskipun tetap mempelajari apa yang biasa ia pelajari, ia agak terfokus dengan kisi yang telah dijelaskan oleh teman satu bimbingan belajarnya itu.

Meskipun teman AI tidak menjelaskan secara spesifik soal yang keluar, namun materi-materi yang diungkapkan oleh temannya hampir sama seperti yang kemudian ia lihat pada soal UN CBT sesi kedua yang ia kerjakan.

“Model soalnya sama, tapi bentuk dan angkanya beda. Tapi kan soal UN memang berbeda tiap anak, soal kawan sebelah saya waktu ujian, juga beda dari saya,” kata dia, dijumpai di sekolah, Selasa (5/4/2016).

LOWONGAN PEKERJAAN
Tegar Transport Hotel Paragon Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…