Foto ilustrasi (Desi Suryanto/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 6 April 2016 11:55 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

UN 2016
Dugaan Kebocoran Soal Ujian Mata Pelajaran Kimia, Ini Penjelasan Disdikpora DIY

UN 2016 dipastikan tidak mengalami kebocoran soal

Solopos.com, JOGJA-Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) Kadarmanta Baskara Aji menegaskan bahwa integritas pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2016 di DIY tetap terjaga.

Pernyataan ini menyusul adanya siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jogja (SMA N 2 Jogja) yang merupakan peserta UN Computer Based Test (UN CBT) atau ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada Selasa (5/4/2016) yang mengaku mendapatkan kisi-kisi materi soal mata pelajaran Kimia dari teman mereka yang sudah melaksanakan UN Paper Based Test (UN PBT) pada Senin (4/4/2016).

Aji memastikan, ia tidak menemukan kebocoran soal UN di tingkat sekolah, baik UN CBT maupun UN berbasis kertas. Selain itu, materi soal UN CBT dan PBT berbeda. Kalaupun ada kemiripan soal, itu karena materi mata pelajarannya yang sama, namun keduanya tidak ada hubungannya.

“Jadi apa yang terjadi pada siswa itu sama seperti saat pendalaman materi atau latihan-latihan soal UN tahun sebelumnya, kisi-kisi soal untuk UN PBT juga pasti ada kemiripan dengan yang berbasis kertas,” ungkapnya, Selasa (5/4/2016).

Disinggung soal pelaksanaan UN pada hari kedua ia menyebut secara umum UN terlaksana dengan lancar pada hari kedua. Dan tidak ada laporan masalah internet dari sekolah seperti hari pertama ataupun kendala lain.

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….