Ilustrasi bayi (JIBI/Harian Jogja/Reuters) Ilustrasi bayi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)
Rabu, 6 April 2016 02:20 WIB Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

TIPS POLA ASUH
Ini Manfaat Pijat Bayi

Tips kesehatan berikut untuk balita.

Solopos.com, SLEMAN-Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Anak Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) Ade Febrina menyampaikan ada sejumlah manfaat melakukan pijat bayi.

Misalnya, kata dia, meningkatkan kedekatan antara ibu dan bayi, sehingga pijat bayi lebih baik apabila dilakukan oleh anggota keluarga si bayi. Selain itu pijat bayi juga dapat menstimulasi saluran pencernaan berfungsi lebih baik. Dengan pijat membuat waktu transit makanan di lambung lebih pendek, kondisi ini akan membuat bayi cepat lapar.

“Bayi akan lebih sering menyusu, ini membantu meningkatkan produksi ASI ibu, secara tidak langsung mendukung program ASI eksklusif,” ucapnya.

Pijat bayi juga membantu gelombang otak lebih stabil, sehingga bayi akan tidur lebih teratur, lebih lama. Bayi yang tidurnya teratur dan cukup akan memiliki cakupan memori lebih baik, restorasi sel yang rusak juga menjadi lebih baik, daripada bayi yang kurang tidur atau tidur tidak teratur.

Hanya saja Ade juga menuturkan, pijat bayi cukup dilakukan selama 15 menit saja, dengan tekanan lembut pada tangan, dada, kaki, punggung, dan tidak menyentuh kepala, kecuali bagian wajah.

“Tekanan lembut akan membuat bayi merasa nyaman. Larangan memijat bagian kepala, karena tulang tengkorak bayi masih tipis, rawan terjadi perdarahan otak,” katanya.

Salah seorang warga Sleman peserta pelatihan memijat bayi yakni Maria menuturkan ia beruntung mengikuti pelatihan memijat bayi. Karena selama ini yang ia ketahui pijat bayi adalah tradisi Indonesia semata, ternyata memiliki manfaat yang telah dibuktikan secara medis.

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. SEMBADA AGUNG PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…