Skutik karya mahasiswa ITS dan Garanasindo. (Youtube.com) Skutik karya mahasiswa ITS dan Garanasindo. (Youtube.com)
Rabu, 6 April 2016 23:00 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 2 Share :

SEPEDA MOTOR LISTRIK
Skutik ITS-Garansindo Masih Butuh SPBU, Lho Kok?

Sepeda motor listrik kolaborasi ITS-Garansindo tetap memerlukan SPBU.

Solopos.com, JAKARTA — Meski ditenagai mesin listrik dan baterai, sepeda motor skuter matik (skutik) besutan mahasiswa ITS Surabaya dan PT Garansindo tetap membutuhkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Tetapi bukan untuk mengisi bensin. M Nur selaku dosen ITS yang terlibat dalam proyek sepeda motor listrik itu menjelaskan bahwa Garansindo akan bekerja sama dengan sejumlah SPBU dan mini market untuk penjualan baterai skutik tersebut.

”Di rumah, baterai diisi dengan colokan listrik. Pas di jalan, eh ini mau habis baterainya tinggal 25 km lagi. Cukup cari SPBU atau mini market, tukar tambah baterainya seperti beli air galon. Anda bayar, langsung jalan,” terang Nur seperti dilansir laman Detik, Rabu (6/4/2016).

Berbicara baterai, skutik yang belum memiliki nama itu dibekali sumber listrik jenis Lithium Ion berkapasitas 7,0 kW. Sayangnya komponen tersebut belum bisa dibuat sendiri oleh ITS sehingga masih harus mengimpornya dari Jepang.

Meski begitu, Nur mengatakan baterai tersebut cukup mumpuni karena dapat membawa motor berjalan sejauh 90-100 km jika terisi penuh. Durasi charging-nya pun terbilang singkat seperti mengisi ulang baterai smartphone, sekitar 2-3 jam.

Diberitakan sebelumnya, prototipe sepeda motor listrik ITS-Garansindo sudah selesai dibangun mulai dari rangka, bodi, dan kelengkapan lainnya. Untuk ukuran skutik lokal, tampilannya lumayan, cukup untuk bersaing dengan produk merek Jepang.

lowongan pekerjaan
STAFF SHIPPING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…