Skutik karya mahasiswa ITS dan Garanasindo. (Youtube.com)
Rabu, 6 April 2016 23:00 WIB Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com Roda 2 Share :

SEPEDA MOTOR LISTRIK
Skutik ITS-Garansindo Masih Butuh SPBU, Lho Kok?

Sepeda motor listrik kolaborasi ITS-Garansindo tetap memerlukan SPBU.

Solopos.com, JAKARTA — Meski ditenagai mesin listrik dan baterai, sepeda motor skuter matik (skutik) besutan mahasiswa ITS Surabaya dan PT Garansindo tetap membutuhkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Tetapi bukan untuk mengisi bensin. M Nur selaku dosen ITS yang terlibat dalam proyek sepeda motor listrik itu menjelaskan bahwa Garansindo akan bekerja sama dengan sejumlah SPBU dan mini market untuk penjualan baterai skutik tersebut.

”Di rumah, baterai diisi dengan colokan listrik. Pas di jalan, eh ini mau habis baterainya tinggal 25 km lagi. Cukup cari SPBU atau mini market, tukar tambah baterainya seperti beli air galon. Anda bayar, langsung jalan,” terang Nur seperti dilansir laman Detik, Rabu (6/4/2016).

Berbicara baterai, skutik yang belum memiliki nama itu dibekali sumber listrik jenis Lithium Ion berkapasitas 7,0 kW. Sayangnya komponen tersebut belum bisa dibuat sendiri oleh ITS sehingga masih harus mengimpornya dari Jepang.

Meski begitu, Nur mengatakan baterai tersebut cukup mumpuni karena dapat membawa motor berjalan sejauh 90-100 km jika terisi penuh. Durasi charging-nya pun terbilang singkat seperti mengisi ulang baterai smartphone, sekitar 2-3 jam.

Diberitakan sebelumnya, prototipe sepeda motor listrik ITS-Garansindo sudah selesai dibangun mulai dari rangka, bodi, dan kelengkapan lainnya. Untuk ukuran skutik lokal, tampilannya lumayan, cukup untuk bersaing dengan produk merek Jepang.

lowongan pekerjaan
CV.ASR MEDIKA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…