Berfoto seusai umrah di Masjidil Haram (JIBI/Solopos/Antara/Saptono) Ilustrasi jemaah berfoto seusai umrah di Masjidil Haram (JIBI/Solopos/Antara/Saptono)
Rabu, 6 April 2016 20:35 WIB Lili Sunardi/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

Ribuan Jemaah Umrah Indonesia Tertunda, Ternyata Ini Penyebabnya

Ribuan jemaah umrah asal Indonesia tertunda keberangkatannya karena kesalahan di Kedubes Arab Saudi.

Solopos.com, JAKARTA — Kesalahan teknis dalam sistem komputerisasi Kedutaan Besar Arab Saudi dalam penerbitan stiker visa umrah menyebabkan tertundanya keberangkatan ribuan calon jemaah umrah asal Indonesia.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia terkait kendala yang menyebabkan tertundanya keberangkatan ribuan calon jemaah umrah asal Indonesia.

“Hasil konfirmasi kepada Kedubes Arab Saudi, ada kesalahan teknis dalam sistem komputerisasi dan sudah teratasi,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Seperti diketahui, persoalan stiker visa jemaah umrah dari Kedutaan Besar Arab Saudi telah menyebabkan tertundanya keberangkatan sekitar 2.800 calon jemaah umrah asal Jawa Timur.

Hal itu pun mendapat perhatian dari Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay yang meminta persoalan stiker visa itu segera diselesaikan. Pasalnya, kendala tersebut tidak berada di dalam ranah kewenangan Pemerintah Indonesia, melainkan Kedutaan Besar Arab Saudi.

“Ini adalah urusan dapur Kedutaan Besar Arab Saudi. Kami hanya bisa berharap semoga persoalan stiker tersebut dapat segera diselesaikan,” katanya.

Dia pun meminta Kementerian Agama segera melakukan klarifikasi terkait persoalan tersebut. Dengan begitu, calon jemaah umrah yang tertunda keberangkatannya dapat merasa lebih tenang.

lowongan pekerjaan
Bank Syariah Dana Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…