ilustrasi (istimewa)

PEMBERANTASAN NARKOBA
Kantor Bea Cukai Bongkar Pengiriman SS Senilai Rp1,2 Miliar dalam Manekin

Pemberantasan narkoba terus dilakukan berbagai pihak termasuk Kantor Bea Cukai Solo yang berhasil menguak pengiriman paket sabu-sabu.

Solopos.com, KARANGANYAR – Kantor Bea Cukai Solo berhasil membongkar pengiriman narkoba jenis sabu-sabu yang diselundupkan dalam boneka peraga pakaian atau biasa disebut makenin.

Menurut rilis yang diterima solopos.com dari Kantor Bea Cukai Surakarta, Rabu (6/4/2016), pengungkapan itu bermula dari kecurigaan petugas Bea dan Cukai terhadap pengirimand barang berupa lima buah manekin dari Nigeria.

Dari kecugian tersebut, kemudian petugas Bea dan Cukai melakukan pemeriksaan dan ditemukan bungkusan yang disembunyikan pada setiap rongga leher manekin masing-masing sebanyak lima bungkusan.

Setelah dilakukan pemeriksaan dengan narcotest, barang tersebut diketahui merupakan kristal senyawa organik dari jenis methamphetamine HCL atau biasa disebut sabu-sabu seberat 602 gram. Dengan asumsi harga per gram nya mencapai Rp2 juta, maka total sabu-sabu yang diselundupkan tersebut diperkirakan mencapai Rp1.204.000.000.

“Setelah dilakukan penelusuran di kantor pos penerima barang tersebut adalah warga Padangan, Jungke, Karanganyar, berinisial YAS,” jelas Kepala Kantor Bea dan Cukai Surakarta, Yosef Hendriansah, dalam jumpa pers, Rabu.

Dijelaskan pula YAS telah ditetapkan sebagai tersangka. Selain itu pemilik barang tersebut yang diketahui bernama Ijrid warga Jakarta dan kaki tangannya berinisial AR dan jaringannya  berinisial ST juga ditangkap .

Tersangka dijerat dengan pasal 102 huruf e UU Nomor 17 tahun 2006 tentang perubahan atas UU No.10 tahun 1995 tentang Kepabeanan. Selain itu mereka juga akan dijerat dengan pasal 113 (2) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

 

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…