Jalan Malioboro kini lengang dari parkir sepeda motor, setelah relokasi parkir ke Jalan Abu Bakar Ali mulai diberlakukan, Senin (4/4/2016). (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja) Jalan Malioboro kini lengang dari parkir sepeda motor, setelah relokasi parkir ke Jalan Abu Bakar Ali mulai diberlakukan, Senin (4/4/2016). (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 6 April 2016 07:55 WIB Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

PARKIR MALIOBORO
Sultan Lontarkan 2 Ide, Ini Jawaban Walikota

Parkir Malioboro, muncul aneka gagasan untuk pengembangan ABA.

Solopos.com, JOGJA – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X setidaknya memberikan dua gagasan untuk pengembangan ke gedung parkir Abu Bakar Ali (ABA) Selasa (5/4/2016). Salah satunya membentuk koperasi jukir dan perluasan area parkir.

Menanggapi permintaan Sultan, Walikota Jogja Haryadi Suyuti mengatakan pihaknya akan mencoba berkoordinasi dengan PT KAI untuk membahas tentang kemungkinan perluasan areal parkir di lahan milik PT KAI.

Salah satu wacana yang muncul selain memanfaatkan Bong Suwung adalah membangun parkir vertikal di atas rel keretadi dekat stasiun Tugu. Menurut dia hal itu masih sebatas wacana dan perlu dibahas lebih jauh.

“Sama juga untuk yang di eks UPN ketandan kita juga harus beli dulu. Jadi harus menganggarkan dan melakukan negosiasi terlebih dahulu sebelum ditata,” kata dia.

Soal usulan untuk membentuk koperasi jukir, Haryadi mengaku hal itu sangat dimungkinkan dan bisa menjadi badan hukum mitra pemerintah. Bila ada badan hukum maka jukir bisa mengelola sisa pendapatan untuk modal maupun Sisa Hasil Usaha.

Haryadi menambahkan meskipun saat ini masih ada enam jukir di Malioboro yang belum mendaftarkan diri, pihak Pemkot masih membuka peluang bila para jukir itu memutuskan berubah pikiran dan mendaftarkan diri. Menurutnya area parkir ABA memang hak mereka dan selama kuota masih ada para jukir Malioboro dipersilakan mendaftarkan diri.

“Yang penting kan terdaftar di 95 jukir itu, selama terdaftar ya silakan saja mendaftar nanti kami verifikasi,” kata dia.

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….