Jogja
Rabu, 6 April 2016 - 01:20 WIB

PARKIR MALIOBORO : Sirip Malioboro Dimanfaatkan, Jukir Nakal Siapkan Karcis Mobil untuk Motor

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi parkir jalan Malioboro (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Parkir Malioboro terus ditata

Harianjogja.com, JOGJA-Petugas gabungan Polresta Jogja dan Dinas Perhubungan Kota Jogja menertibkan juru parkir ilegal di beberapa jalan Sirip Malioboro, Selasa (5/4/2016). Beberapa pengendara sepeda motor yang berhenti di lokasi larangan parkir itu pun ditilang.

Advertisement

Dalam razia gabungan tersebut dua juru parkir kedapatan membuka lahan parkir roda dua di Jalan Dagen dan Jalan Pajegsan. Kedua juru parkir itu pun disuruh memindahkan semua motor yang diparkirkannya.

“Jukirnya kita panggil untuk dibina,” kata Kepala Seksi Pengendalian, Bidang Keselamatan dan Pengendalian Operasi, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Asung Waluyo.

Asung mengatakan kedua jukir itu mengaku memiliki surat tugas parkir kendaraan mobil, tetapi digunakan untuk parkir sepeda motor. Bahkan karcis yang diberikan kepada pemarkir motor pun adalah karcis untuk mobil. Asung mengatakan pihaknya akan memeriksa legalitas surat tugas kedua jukir tersebut.

Advertisement

Ia menyatakan selama sepekan ke depan akan terus melakukan penertiban parkir motor di sirip-sirip Malioboro. Karena sejauh ini, kata dia, Dinas Perhubungan, tidak pernah mengeluarkan surat tugas parkir roda dua di sepanjang tepi jalan umum sirip Malioboro, kecuali parkir mobil.

Asung meminta semua pengunjung Malioboro dan karyawan toko di kawasan tersebut untuk memarkirkan motornya di Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA). Pihaknya juga sudah memasang rambu-rambu larangan parkir di sepanjang sirip Malioboro. Jika masih ada jukir nakal yang membuka lahan parkir roda dua di tepi jalan sirip Malioboro, Asung mengancam jukir untuk diproses tindak pidana ringan (Tipiring).

“Untuk menindak pengendara yang parkir sembarangan menjadi wewenang kepolisian,” ujar Asung.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif